Resep Cara Membuat Roti Kentang Gurih

Roti kentang adalah salah satu variasi dari jenis-jenis roti yang sangat enak, lezat dan gurih. roti ini cenderung lebih disukai oleh anak-anak, walaupun demikian banyak orang dewasa yang suka juga teksturnya yang lembut membuat semua orang suka dengan roti yang enak ini. untuk buat roti kentang tentu proses pembuatannya sangat simple dan praktis serta sangatlah mudah di praktekan di dapur anda. sebelumnya kita pernah membahas dan belajar membuat resep roti manis dan resep roti goreng yang enak. namun hari ini kita bersama-sama juga akan belejar buat roti kentang atau orang-orang eropa biasa menyebutnya potato bread. menu kali ini tidak hanya populer di indonesia karena roti kentang juga sangat terkenal dan biasa di gunakan sebagai hidangan sarapan pagi yang spesial bersama keluarga di rumah.

Bagi anda yang sedang mencari artikel resep buat roti kentang sangatlah cocok datang di postingan hari ini karena kita tidak hanya memberikan cara dan prosesnya saja melainkan menjabarkan bahwasannya rotikentang ini adalah salah satu resep yang sangat cocok bagi pemula dalam memasak kue ataupun roti. roti kentang ini rasanya begitu enak dan walaupun nampak sedikit sederhana namun sebenarnya kelezatan roti kentang yang akan anda buat ini rasanya tak kalah dengan yang ada di toko-toko kue ternama di indonesia. yuk langsung di praktekan saja bagaimana buat roti kentang spesial empuk edisi dari Jawa Resep.

Resep Cara Membuat Roti Kentang Gurih
Resep roti kentang

==================
Bahan Roti Kentang :
==================
300 gram tepung merk bebas ( kalau saya menggunakan 100 gram tepung segitiga dan 200 gram tepung terigu cakra )
125 gram kentang kukus
100 ml susu cair
75 gram gula pasir
30 gram mentega
2 butir telur ayam, pakai kuning saja
1 sendok makan ragi
1 1/2 sendok makan susu bubuk
1/4 sendok makan garam
=========
Bahan Vla :
=========
50 gram tepung terigu
50 ml susu UHT
2 sedok makan gula
1/2 sendok teh minyak goreng
============
Bahan Olesan:
============
2 sendok makan mentega
2 sendok makan madu asli

========================
Cara Membuat Roti Kentang :
========================
1. Pertama-tama campurkan terlebuh dahulu semua tepung terigu beserta ragi, gula pasir dan susu bubuk. aduk-aduk hingga seluruhnya rata.
2. Pisahkan kuning dan putih telurnya, kocok yang kuning telurnya dan tuangkan ke dalam adonan, tambahkan juga kentang kukus ke dalamnya. uleni sebentar dan tuang susu cair ke dalamnya.
3. Tambahkan sedikit garam dan mentega, uleni kembali sampai elastis dan kalis merata. diamkan selama 1 jam, makin lama makin baik yang penting hingga mengembang.
4.  Ambil adonan yang sudah di diamkan dan bagi menjadi beberapa adonan roti, bulatkan ukuran sesuai selera. diamkan kembali sebentar selama 20 menit saja.
5. Buat vlanya dulu, campurkan semua bahan vlanya kecuali susu uht, setelah adonan tercampur baru tuangkan susu uht nya sedikit demi sedikit aduk terus sampai mengental namun jangan terlalu encer.
6. Setelah adonan roti di diamkan beri sedikit motif vla di atasnya ( gunakan spuit dan semprotkan di atas roti agar mudah ).
7. Panggang roti kentang kedalam oven bersuhu 180 deraja celcius hingga matang, biasanya hanya sekitar 10 menitan.
8. Setelah baru matang / di angkat dari oven langsung olesi dengan bahan olesan. selanjutnya tinggal di diamkan sebentar saja agar tidak terlalu panas.
9. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Roti Kentang Gurih
4.5/ 5
Oleh