Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Sederhana

Resep Kolak Biji Salak, Kolak biji salaj merupakan salah satu hidangan tradisional di indonesia yang cukup terkenal, walaupun namanya nampak terlihat ekstrim namun maksud kolak biji salah disini bukan bearti terbuat dari biji salaknya namun melainkan bentuknya yang mirip saja. rasanya tidak keras sangat lembut, empuk bisa di bilang kenyal-kenyal lezat. makanan sederhana dan enak ini sangat populer di daerah jawa dan sekitarnya terutama kalau musimnya bulan puasa pasti banyak sekali penjual menu yang enak ini. selain untuk hidangan menu berbuka puasa di bulan ramadan kolak biji salak juga sangat cocok untuk di santap di pagi, siang maupun sore hari untuk menahan rasa lapar atau hanya sekeedar cemilan semata. memang cara buatnya mirip dengan resep membuat kolak pisang.

Yang berbeda dalam pembuatannya hanya pada bahan dan sedikit prosesnya yang agak beda, walaupun demikian rasanya tetap sama enaknya dan cocok sekali menjadi hidangan-hidangan tuk menemani anda di sore hari dengan di temani resep cheese stick dan resep makaroni goreng juga akan nikmat. kolak biji salak akan terasa tambah enak bila mana di hidangankan dengan es batu ataupun di santap ketika dingi hal ini menjadi lebih segar, untuk bahan membuatnya cukup mudah di cari jadi saya rasa resep kali ini sangat simple dan praktis untuk di praktekan di dapur anda. yuk di simak bersama.

Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Sederhana
Resep kolak biji salak

====================
Bahan Kolak Biji Salak :
====================
500 gram ubi jalar, kupas bagian kulit dan kukus
250 gram gula merah/jawa, potong tipis
250 ml santan
250 gram tepung sagu tani
2 lembar daun pandan
air matang secukupnya
tepung maizena secukupnya
garam secukupnya

==========================
Cara Membuat Kolak Biji Salak :
==========================
1. Pertama-tama ambil ubi jalar kukusnya kemudian haluskan bersamaan dengan sagu taninya. tambahkan 1/4 sendok teh garam. aduk hingga tercampur.
2. Selanjutnya bentuk adonan menjadi bola-bola kecil seukuran bola kelereng. Didihkan air matangnya dan masukkan bola-bola ubi tersebut ke dalam panci air yang mendidih. diamkan hingga mengapung ke atas. tiriskan dan sisihkan dahulu aja.
3. Rebuslah gula merah dan daun pandan rebus bersama menggunakan air matang kurang lebih 250 ml air. dan aduk sebentar hingga semua bahan tercampur.
4. Setelah nampak mendidih tuangkan santan ke dalamnya aduk-aduk kembali sampai mendidih agar santan tidak pecah harus di aduk-aduk terus.
5. Setelah itu masukkan tepung maizena sekitar 1 sendok makan dan bola-bola ubi yang sudah di buat tadi ke dalam rebusan kuah gulanya. didihkan lagi selama 5 menit menggunakan api kecil saja.
6. Setelah matang dinginkan sebentar agar tidak panas, selanjutnya bisa di hidangkan selagi hangat ataupun dingin sesuaikan selera anda.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak Sederhana
4.5/ 5
Oleh