Resep Cara Membuat Martabak Telur Isi Daging

Resep Martabak Telur, Martabak artinya terlipat dan merupakan makanan yang berasal dari Arab. Karena perkembangan zaman makanan ini sudah terkenal sampai penjuru dunia terutama sangat familiar di negara-negara seperti Indonesia, malaysia dan brunei. Martabak sudah terkenal enak dari dulu, banyak aneka macan resep dan cara mengolah dengan variasi yang unik dan berbeda. Ada martabak mini isi telur, ada resep buat martabak manis maupun jenis lainnya yang semuanya terasa enak.

Penjual martabak sebenarnya mudah sekali dan dapat Anda temukan di sudut-sudut kota, terutama kalau menjelang malam ataupun di sore hari pasti banyak yang menjual makanan ini, para penjual martabak juga berlomba-lomba menghidangkan rasa martabak yang enak dengan harga yang murah namun memang terkadang dari penjualan tersebut juga di pisah-pisahkan antara martabak yang biasa ataupun martabak spesial, nah hari ini Jawa Resep akan berbagi resep dan tips cara mengolah dan membuat martabak spesial telur isi daging yang tidak kalah enak rasanya dengan penjual-penjual martabak di kota Anda, yuk siapkan bahannya.

Resep Cara Membuat Martabak Telur Isi Daging
Resep martabak telur daging

==============
Bahan Martabak :
==============
1/4 kg tepung terigu
1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh ragi instan
2 sendok makan minyak goreng
========
Bahan Isi :
========
150 gram daging sapi
250 gram daun bawang, iris tipis kecil-kecil
3 butir telur bebek
2 sendok teh bubuk kari
1 sendok teh garam
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
3 butir kemiri
1 butir bawang bombay
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh jinten

=================================
Cara Membuat Martabak Telur Isi Daging :
=================================
1. Buat kulitnya, campur tepung, ragi, garam, telur dan susu. Aduk-aduk hingga merata. Diamkan selama 1 jam di tempat yang hangat ( apabila adonan mengembang, aduk-aduk kembali hingga adonan kempis ), apabila sudah tambahkan minyak goreng dan aduk hingga rata.
2. Siapkan wajan penggorengan yang datar dan anti lengket. Tuang 1 sendok makan adonan ke dalam penggorengan, dadar hingga matang. Lakukan sampai semua adonan habis, kemudian sisihkan dulu.
3. Membuat isinya, Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, jinten hingga halus merata.
4. Tumis hingga harum, tambahkan kari bubuk dan daging yang sudah di cincang kasar. Aduk hingga rata. Masukkan garam dan gula. Masak hingga matang. Angkat dan dinginkan.
5. Siapkan wadah ukuran besar, campurkan daun bawang, tumisan daging tadi dan bawang bombai menjadi satu. Aduk-aduk dan tambahkan telur bebek, aduk kembali hingga rata. Coba rasanya terlebih dahulu ( jika kurang garam bisa tambahkan garam )
6. Langkah berikutnya, ambil 1 lembar dadar kulit, beri isi 2 sendok makan bahan isi yang sudah tercampur tadi, lipat kulit berbentuk amplop, lakukan hingga semua dadar kulitdan adonan bahan isi habis.
7. Panaskan minyak api kecil, goreng martabak hingga matang.
8. Sajikan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.55.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Martabak Telur Isi Daging
4.5/ 5
Oleh