Resep Cara Membuat Oseng-Oseng Kerang Enak

Resep Oseng Kerang, Oseng-oseng merupakan cara memasak dengan teknik dan cara yang sama seperti menumis. Kerang mengandung protein yang tinggi dan rendah kolestrol, makan kerang juga sangat banyak manfaatnya seperti menjaga kesehatan jantung, memperkuat kesehatan gigi, menjaga osteoporosis, berguna untuk kesehatan mata dan masih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Namun perlu anda ketahui kerang sebaiknya jangan di konsumsi mentah-mentah, karena kerang biasanya sangat banyak mengandung bakteri yang dapat menimbulkan gangguan proses pencernaan, diabetes, dan lainnya.

Hal tersebut tenang saja karena anda wajib pastikan sebelum di masak kerangnya di rebus terlebih dahulu agarbakteri dan kuman-kuman yang ada pada kerang mati agar manfaat akan kandungan protein dalam kerang dapat anda peroleh. sebelumnya beberapa waktu lalu kita pernah belajar bersama dengan resep membuat kerang saus padang dan untuk hari ini kita akan membahas dan belajar bersama mudahnya membuat oseng-oseng atau tumisan kerang yang enak ala Jawa Resep, langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dulu dan ikuti cara membuat dan mengolahnya di bawah secara benar agar kerang yang akan kaya protein dapat anda makan dan manfaatnya dapat kita peroleh untuk kesehatan.

Resep Cara Membuat Oseng-Oseng Kerang Enak
Resep oseng-oseng kerang

=======================
Bahan Oseng-Oseng Kerang :
========================
1/2 kg kerang darah
7 sendok makan kecap manis
6 siung bawang putih
4 butir bawang merah
3 sendok makan minyak goreng
3 buah cabai merah
3 buah cabai hijau besar
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
air secukupnya 
air asam jawa secukupnya
cabai rawit haluskan secukupnya, bila suka
==============
Bumbu Tambahan :
==============
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 lembar daun sereh
1 potong lengkuas, geprek

=============================
Cara Membuat Oseng-Oseng Kerang :
=============================
1. Cuci dan bersihkan kerang, kemudian kupas cangkang nya. Siapkan panci dan rebusan air, rebus kerang ke dalam panci selama 10 menit.
2. Selagi menunggu rebusan kerang, iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih. Setelah itu nyalakan api dengan ukuran kecil, tumis bawang merah dan putih hingga beraroma harum kemudian tambahkan semua bumbu tambahan.
3. Iris cabai merah besar dan cabai hijau secara menyerong / belah, kemudian masukkan ke dalam tumisan dan tumis sampai layu.
4. Angkat kerang dan masukkan ke dalam tumisan bersamaan dengan gula, garam, air asam jawa, kecap dan cabai rawit yang di haluskan secukupnya sesuaikan selera.
5. Masak tumisan tersebut hingga bumbu meresap dan air sudah terlihat mengering selama 5 - 7 menit.
6. Angkat dan sajikan.

Demikian resep membuat oseng-oseng kerang / tumis kerang yang enak edisi Jawa Resep, untuk bagian cabai rawitnya bila anda kurang pedas bisa nemambahkan cabai rawit sebanyak lima buah sedangkan bagi anda yang tidak suka pedas, anda juga bisa menghilangkan bahan cabai rawitnya yang penting sesuaikan saja sesuai lidah dan selera anda, Ada resep lainnya yang tidak kalah enak dengan oseng-oseng kerang, seperti membuat kepiting kari yang enak.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 11.18.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Oseng-Oseng Kerang Enak
4.5/ 5
Oleh