Resep Cara Membuat Pecel Asli Madiun Enak

Pecel adalah salah satu masakan jawa yang banyak di sukai orang, rasanya yang enak tentu sangat familiar bagi lidah orang jawa, pecel sendiri termasuk salah satu hidangan yang menggunakan aneka jenis sayuran yang di campur atau di padukan jadi satu kemudian cara menghidangkannya biasanya bersamaan dengan sambal pecel yang terbuat dari sambal kacang yang sedikit pedas hal ini membuat semua orang tak hanya orang tua saja yang menyukai menu ini anak-anak pun suka dengan hidangan yang sederhana seperti pecel. yang akan kita pelajari hari ini adalah membuat pecel khas dan asli madiun jawa timur, siapa sih yang tak kenal daerah ini tentu rasa pecelnya yang enak dan membuat semua orang berdatangan untuk membelinya, jawa timur sendiri terkenal dengan aneka masakan yang enak seperti yang pernah kita pelajari bersama waktu lalu ada resep ayam penyet dan resep cara membuat ote-ote enak.

Bagi anda yang suka dengan aneka macam sayuran tentu tak mau melewatkan sajian hari ini yang begitu enak dan lezat. di madiun tentu di sudut-sudut pasar tradisionalnya banyak sekali penjual pecel yang enak dengan harga yang relatif terjangkau dan bisa di nikmat semua orang, namun bagi yang tak sempat tuk beli dan ingin mencoba buat sendiri juga bisa, untuk buatnya cukup mudah tak terlalu sulit bahannya pun sangat familiar, proses mematangkannya pun hampir mirip dengan resep cara membuat urap enak yang pernah kita pelajari waktu lalu. oleh sebab itu saya kira semua orang bisa lah buat pecel madiun sendiri di rumah, perlu di ingat rasa pecel madiun ini jauh lebih gurih dan lezat ketimbang pecel lele, tal percaya? yuk di coba bersama-sama.

Resep Cara Membuat Pecel Asli Madiun Enak
Resep pecel asli madiun

=====================
Bahan Pecel Asli Madiun :
=====================
150 gram kacang panjang
150 gram kacang tanah yang telah di goreng
50 gram tauge
50 gram kembang turi
30 gram petai cina/lamtoro
2 buah cabai hijau rawit
1 buah cabai hijau besar
1 sendok makan air asam jawa
1 buah jeruk nipis
1 ikat kemangi
3 lembar daun jeruk
3 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
2 sendok makan gula merah sisir
2 ruas kencur
4 sendok makan air hangat
1/4 sendok teh garam

============================
Cara Membuat Pecel Asli Madiun :
============================
1. Siapkan seluruh bahan, untuk kacang panjang bisa potong kecil sedangkan untuk bawang putih belah menjadi dua bagian setiap satu siung nya dan goreng sebentar lalu tiriskan.
2. Selanjutnya buat sambal pecelnya dahulu, haluskan bawang putih, cabai merah, cabai hijau besar dan rawit beserta kencur dan kacang tanahnya. aduk dan ulek sampai rata.
3. Tambahkan dengan daun jeruk tanpa tulang daun. ulek lagi hingga rata. masukkan gula merah sisir dan garam kedalam ulekan dan campur aduk.
4. Tuangkan air hangat dan air asam jawa ke dalam sambal pecel kemudian beri dengan sedikit perasan air dari jeruk nipis. campurkan sampai rata. sisihkan dan bumbu sambal pecel sudah jadi.
5. Langkah berikutnya tinggal kukus potongan kacang panjang, tauge dan kembang turi, kukus semuanya hingga matang. selanjutnya tiriskan.
6. Siapkan piring saji dan tata tauge, kembang turi dan potongan kacang panjang yang telah di kukus tadi di atas piring.
7. Letakan juga kemangi dan petai cina di atasnya tuangkan sambal pecelnya juga dan hingakan.

Bagaimana nampak mudah sekali kan buat pecel di rumah, apalagi kalau di santap dengan nasi putih hangat dan kerupuk maupun beberapa tambahan menu tempe ataupun rempeyek kacang pastinya akan tambah nikmat dan lezat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Pecel Asli Madiun Enak
4.5/ 5
Oleh