Resep Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Lezat

Oncom adalah salah satu jenis makanan yang terpopuler di jawa barat dari dulu hingga sekarang rasanya tetap enak dan disukai semua orang. bisa di bilang oncom masih saudaraan dengan tempe karenaproses pembuatannyapun mirip dan hampir sama namun oncom tidak dapat di olah menjadi menu atau hidangan yang berbahan dasar tempe seperti resep tempe bacem spesial, itu tidak akan cocok rasanya dan kurang enak bila di makan karena tempe bacem pastinya sangat baik menggunakan bahan dasar dari tempe ragi. yang akan kita bahas adalah membuat nasi TO, apa itu? Nasi TO atau kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan nasi tutug oncom adalah salah satu kreasi menu makanan yang berasal dari sunda tentunya dari sebutan nasi tutug oncom sendiri pasti sudah tahu kan bahwa nasi yang masih hangat atau bisa di bilang panas di padukan dengan oncom yang tentunya membuat semua orang suka kelezatan nya.

Walaupun nampak sekilas bahan-bahan yang di gunakan aneka macam variasi dan pelengkap seperti resep nasi uduk jawa paling enak namun sebenarnya resep yang satu ini jauh lebih praktis dan simple. Jawa Resep hari ini akan mengulas bagaimana mudahnya buat nasi tutug oncom khas jawa barat ini, walaupun nampak tradisional namun rasanya bisa di bilang sangat enak, gurih dan lezat untuk itu pastikan anda coba juga di rumah ya karena kita disini akan berbagi cara membuatnya, penasaran tuk coba? yuk di simak bersama.

Resep Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Lezat
Resep nasi tutug oncom

=====================
Bahan Nasi Tutug Oncom :
=====================
1 porsi atau sepiring nasi putih hangat
3 sendok makan oncom
4 buah cabai rawit, bisa sesuaikan
1 sung bawang putih
2 butir bawang merah
2 ruas kencur
1/4 sendok teh garam1 batang daun kemangi
sambal terasi secukupnya
tempe secukupnya
mentimun secukupnya
ikan asin secukupnya bila ada

===========================
Cara Membuat Nasi Tutug Oncom :
===========================
1. Persiapkan bahan-bahan nya dahulu kemudian tumbuk atau bisa ulek halus bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan kencur.
2. Setelah nampak halus baru masukkan oncom dan ulek kembali tambahkan sedikit garam dan ulek sampai semuanya nampak halus dan merata.
3. Selanjutnya tinggal campurkan nasi putih hangat beserta bumbu ulekan (cara mencampurkannya bebas) campur agar semua bahan menyatu rata.
4. Sajikan beserta dengan pelengkapnya sambal terasi, ikan asin dan mentimun beserta tempe.

Teratrik tuk buatnya? pastinya menu simple dan sederhana ini cocok juga di hidangkan untuk menu makan siang ataupun malam bersama keluarga namun perlu di ingat nasi tutug oncom tidak tahan lama bila di simpan jadi bisa di bilang hanya setelah di buat ya harus di makan tidak perlu di simpan untuk keesokan harinya karena rasanya tak akan enak seperti baru saja di buat. oke selamat coba ya...



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Lezat
4.5/ 5
Oleh