Resep Cara Membuat Tempe Bacem Enak

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Enak
Jawa Resep, Bacem identik dengan manis pekat yang merupakan cara mengolah makanan yang berasal dari jawa tengah tepatnya yogyakarta. Bacem memiliki arti mengawetkan makanan dengan cara merendamnya dengan campuran air gula dan garam. Manfaat tempe yang akan gizi dan sebagai summber energi yang tinggi serta dapat menghindari kanker juga tidak akan hilang ketika di bacem atau di awetkan, jadi tidak pelru khawatir akan kandungan gizi yang terdapat pada tempe menghilang ketika di olah dengan cara membacemnya. Tempe bacem sebenarnya juga sangat mudah di temukan di warung-warung pingiran kota di yogyakarta harganya yang relatif murah membuat makanan ini di gemari sebagai makanan pelengkap hidangan utama. Namun bagi anda yang ingin mencoba rasa enak dari tempe bacem dan tidak sempat ke yogyakarta anda dapat mudah membuatnya di rumah. Kesempatan hari ini jawa resep akan berbagai cara sederhana membuat tempe bacem yang enak dan spesial pastinya juga manis. Membuat tempe bacem ini tidak memakan waktu yang lama hanya berkisar antara 15-20 menit saja jadi langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan ikuti cara di bawah ini yuk.

=================
Bahan Tempe Bacem :
=================
1/2 kg tempe
1/2 liter air
2 mata asam jawa
1 batar serai, memarkan /geprek
1 cm lengkuas, memarkan /geprek
2 lembar daun salam
minyak goreng secukupnya
===========
Bumbu Halus :
===========
2 sendok makan irisan gula merah
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 butir kemiri
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan ketumbar

=======================
Cara Membuat Tempe Bacem :
=======================
1. Bersihkan tempe dan potong menjadii kotak memanjang. Haluskan semua bumbu halus hingga merata.
2. Siapkan panci, masukkan potongan-potongan tempe ke dalam panci kemudian masukkan dan didihkan air menggunakan api besar.
3. Masukkan air asam jawa, serai, lengkuas, daun salam dan semua bumbu halus ke dalam panci. Setelah itu aduk-aduk hingga merata.
4. Masak hingga tempe matang dan semua bumbu menyerap ke dalam tempe.
5. Setelah air menyusut habis matikan api dan panaskan minyak banyak di atas api kecil.
6. Goreng tempe yang sudah di bacem ke dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan matang.
7. Angkat dan dinginkan sebentar agar hangat lalu hidangkan.


Itulah resep mudah dan praktis dalam mengolah dan membuat tempe bacem spesial yang enak dan manis, bagi anda yang terasa kurang manis menggunakan resep di atas, bisa menambahkan gula jawa nya lagi. Namun bagi anda penderita diabetes gula jawa dua sendok sudah cukup dan tidak berbahaya bagi kesehatan dan menurut pengalaman saya sendiri dalam membuat tempe bacem juga sudah cukup gula jawa segitu. Tempe bacem juga sangat enak di hidangkan bersama keluarga di waktu makan bersama maupun waktu-waktu santai di buat cemilan, selamat mencoba dan pastikan tidak terlewatkan untuk membaca dan mencoba artikel resep lainnya, ada resep membuat telur bacem yang enak dan resep tahu bacem yang biasanya di hidangkan bersama resep gudeg jogja.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.26.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tempe Bacem Enak
4.5/ 5
Oleh