Resep Cara Membuat Ayam Kecap Manis Enak

Ayam kecap manis merupakan ayam yang di masak secara rebusan kemudian digoreng dan dilumuri dengan bumbu-bumbu yang sudag di campurkan dengan kecap manis. Untuk membuat ayam kecap manis yang empuk dan gurih tidak terlalu sulit, karena selain bahannya yang mudah di dapatkan proses membuatnya pun sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Ayam yang kaya akan kandungan protein dan vitamin sangat baik di konsumsi secara teratur, beberapa dokter juga menyarankan bahwa ayam sangat baik untuk di makan karena dapat mencegah terjadinya kanker. selain itu beberapa orang menganggap ayam dapat membuat gemuk, namun pada dasarnya protein yang tinggi terhadap ayam sangat efektif menurunkan berat badan dan diet.

Banyak sekali aneka dan variasi olahan ayam yang enak dan populer di indonesia yang pernah kita pelajari dari resep membuat ayam penyet dan resep membuat ayam kremes menjadi salah satu menu spesial yang cocok dan di hidangkan untuk makanan sehari-hari atau rutin. namun kali ini yang di bahas akan lebih bersensasi dengan variasi kecap manis menggunakan bango. sebenarnya kecap manis yang dapat anda gunakan bebas dan sesuai selera tetapi saya merekomendasikan menggunakan kecap bango agar rasa tambah lezat dan nikmat. Rasa ayam yang empuk dan kecap yang manis sangat cocok sekali di sajikan bersamaan dengan sambal dan nasi putih hangat. Pada pagi hari ini Jawa Resep akan berbagi cara mengolah dan membuat ayam kecap manis, untuk itu persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Resep Cara Membuat Ayam Kecap Manis Enak
Resep ayam kecap manis

=====================
Bahan Ayam Kecap Manis :
=====================
1 ekor ayam segar
air secukupnya untuk merebus ayam dan membuat kuah
3 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan garam
1 bh air jeruk nipis
1 gelas air ukuran sedang 
=======
Bumbu :
=======
1/2 sendok makan gula pasir
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
1 ruas jahe
1/2 sendok teh lada bubuk
1 sendok teh garam
15 sendok makan kecap bango / sekitar hampir satu bks kecap bango ukuran sedang
saus tomat bila ada, secukupnya

============================
Cara Membuat Ayam Kecap Manis :
============================
1. Potong menjadi beberapa bagian sekitar 10 bagian. Kemuidan cuci dan bersihkan ayam hingga bersih dan letakan ke dalam wadah.
2. Masukkan perasan air jeruk nipis dan garam ke dalam wadah., diamkan selama 10 menit. Cuci dan bersihkan kembali daging ayamnya.
3. Nyalakan api ukuran besar dan didihkan air, masukkan ayam ke dalam air mendidih. rebus ayam hingga setengah matang. Setelah itu tiriskan dulu dan sisihkan ayamnya.
4. Iris tipis bawang putih dan bawang merah, panaskan minyak dan tumis irisan bawang ke dalamnya hingga beraroma harum.
5. Masukkan kecap dan saus tomat. aduk-aduk hingga merata. Masukkan air sebanyak 1 gelas ukuran sedang. Aduk hingga mendidih dan tercampur.
6. Tambahkan potongan ayam, aduk sebentar lalau masukkan lada bubuk, gula dan satu sendok teh garam. aduk kembali sampai merata.
7. Masak hingga kuah sudah mengental dan hampir mengering sampai matang.
8. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba dan menikmati membuat ayam kecap manis enak dan empuk edisi Jawa Resep, selain itu anda juga dapat menyajikannya dengan menambahkan resep sambal bawang, bawang goreng, maupun timun.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.42.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Kecap Manis Enak
4.5/ 5
Oleh