Resep Cara Membuat Donat Kentang Gurih

Donut atau yang biasa kita kenal dengan donat merupakan makanan yang sangat populer dan sukai anak-anak hingga orang tua. Donat terbuat dari campuran tepung tinggi protein, susu, telur gula dan campuran bahan lainnya yang di jadikan adonan dan di beri lubang pada tengahnya yang memasaknya dengan cara menggoreng dan sebelum di sajikan di beri taburan meses rasa/gula maupun toping sesuai selera. Menurut sejarah donat berasal dari belanda yang kemudian di populerkan di amerika sebagai jajanan paling enak.

Berkembangnya zaman donat memiliki banyak variasi rasa seperti yang pernah kita pelajari beberapa waktu lalu ada resep membuat donat JCO enak, resep membuat donat sederhana sampai resep membuat donat tanpa telur juga ada. selain itu dari segi bentuk juga banyak sekali variasinya seperti donat berbentuk bundar, kotak ataupun dari segi rasa seperti rasa coklat, stroberi, dari campuran bahan kentang maupun rasa dan bentuk-bentuk lainnya yang pastinya menambah cita rasa yang unik dan khas terhadap donat. Untuk itu jawa resep akan berbagi cara membuat dan mengolah kue donat kentang yang enak dan gurih, untuk waktu membuat donat cukup lama sekitar 1 hingga 2 jam, namun selama membuat sendiri pastinya akan lebih enak dan menambah sensasi pada rasa kue donat kentang, yuk langsung persiapkan bahan-bahannya.

Resep Cara Membuat Donat Kentang Gurih
Resep donat kentang

==================
Bahan Donat Kentang :
==================
1/2 kg tepung terigu tinggi protein
1/4 kg kentang
4 btr telur
125 gram gula pasir
2 sendok makan ragi instan
100 gram margarin/mentega
100 ml air dingin
1/2 sendok teh garam
75 gram susu bubuk
meses/topping/gula manis sesuai selera
minyak secukupnya

========================
Cara Membuat Donat Kentang :
========================
1. Cuci dan kupas kentang dari kulitnya, kukus hingga matang kemudian haluskan menggunakan blender. Sisihkan terlebih dulu.
2. Siapkan wadah yang lumayan besar, campur dan aduk-aduk tepung, ragi, gula dan susu bubuk hingga merata.
3. Masukkan kuning telur, air dingin dan kentang yang sudah dihaluskan menggunakan blender tadi. Aduk-aduk kembali sampai merata.
4. Tambahkan garam dan margarin, aduk sampai elastis dan diamkan selama 10 menit saja.
5. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat-bulat. Diamkan adonan hingga mengembang atau sekitar 15 menit.
6. Lubangi tengah adonan bulatan-bulatan donat tadi menjadi bentuk donat. Panaskan minyak menggunakan api besar.
7. Goreng donat jangan terlalu lama atau hingga sudah terlihat matang dan berwarna kuning keemasan.
8. Angkat dan tiriskan sebentar, letakan pada wadah saji, tambahkan taburan topping/gula manis maupun meses sesuai selera.
9. Sajikan.

Keterangan :
- Tips pada langkah nomor 5, adonan ambil sekitar 50 gram saja, kemudian ketika adonan habis, anda langsung bisa memulai mengoreng adonan yang pertama yang sudah anda lubangi, biasanya menghabiskan semua adonan menjadi bulatan-bulatan donat memerlukan waktu sekitar 15 menitan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.29.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Donat Kentang Gurih
4.5/ 5
Oleh