Resep Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali

Ayam betutu adalah merupakan salah satu hidangan yang populer ayam sekali di indonesia yang berasal dari bali yang lebih tepatnya berasal dari daerah gilimanuk, biasanya turis mancanegara maupun lokas tentu tak akan melewatkan kelezatan ayam betutu khas bali ini. rasanya yang enak, dagingnya empuk dan dan bekstur sangat lemmbut dan aroma hidangan ayam betutu ini sangatlah berciri khas dan mudah di kenali. selain ini banyak peryaaan-perayaan baik event maupun perayaan keagamaan ataupun upacara adat di bali biasanya juga menghidangkan makanan yang spesial ini. banyak sekali yang menjual ayam betutu ini mulai dari warung makan kecil atau bahkan restauran yang bernamakan langsung warung makan ayam betutu gilimanuk bahkan hingga hotel atau penginapan ternama di daerah bali juga menyajikan ayam betutu sebagai menu dan hidangan spesialnya.

Banyak sekali jenis-jenis ayam yang pernah jawa resep ajarkan mulai dari resep ayam goreng bumbu bali sampai dengan resep ayam bakar pun juga ada. namun yang kali ini lebih spesial yaitu resep ayam betutu asli dari bali yang tentunya beberapa tempat juga menghidangkannya dengan cara unik dan berbeda. jenis ayam betutu sendiri ada dua macam ada yang suka dengan sedikit kuah adapula yang suka dengan cara di goreng atau bahkan di oven juga ada, semua itu bisa di sesuaikan selera masing-masing. resep ayam betutu kali ini memiliki ciri khas bumbu yang lebih spesial walaupun sebenarnya bisa juga di tambahkan bumbu atau bahkan menambahkan resep sambal bawang pedas atau beberapa lalapan sebagai pelengkapnya juga bisa. namun untuk menikmati cita rasa yang khusus dan asli dari bali tentu bumbu yang di gunakan juga berbeda dengan membuat olahan ayam pada umumnya, namun tenang saja semua bahan mudah kok di temukan baik dipasar tradisional atau bahkan swalayan juga banyak. dari pada menambah rasa ingin buat ayam betutu khas bali ini bagaimana kalau langsung ikuti caa dan proses buatnya di bawah ini, jangan lupa persiapkan dahulu bahan-bahannya.

Resep Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali
Resep ayam betutu

========================
Bahan Ayam Betutu Khas Bali :
========================
1/2 kg daging ayam
65 gram daun singkon
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
7 buah cabai merah
3 butir kemiri
2 cm serai
2 cm jahe
2 lembar daun jeruk
1/2 sendok makan ketumbar
1/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok makan minyak kelapa
1/4 sendok makan terasi udang
1 cm kunyit
1 cm kencur
1 cn laos
gula secukupnya
garam secukupnya
air matang secukupnya

==============================
Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali :
==============================
1. Siapkan bumbu nya dahulu pertama kemiri dan ketumbarnya di sangrai dahulu kemudian bisa di letakan dalam ulekan atau blender. rebus daun singkong dan potong kecil sesuai selera lalu sisihkan.
2. Haluskan bersamaan dengan bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, laos, kunyit berserta dengan jahe, kencur, pala bubuk, cabai dan juga terasi secara bersamaan ( kalau saya menggunakan ulekan ).
3. Campurkan ayam dengan bumbu halusnya dan juga serai, daun jeruk, garam, gula serta minyak kelapanya menjadi satu lalu diamkan selama 30 menitan.
4. Ungkep ayamnya setelah itu tuangkan air seperlunya sedikit saja dan masukkan singkong nya juga setelah itu masak sampai matang.
5. Selanjutnya bisa langsung di hidangkan. (apabila di goreng ataupun di masak dengan cara dioven bisa juga ).



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.27.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali
4.5/ 5
Oleh