Resep Cara Membuat Soto Lamongan Enak

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Enak
Soto lamongan? siapa sih yang tak kenal dengan salah satu masakan khas indonesia yang satu ini, rasanya yang enak,segar membuat semua orang dan semua kalangan dari anak-anak hingga orang tuasuka menyantapnya. soto lamongan asli rasanya lebih enak ketimbang soto biasa, kuahnya pun cenderung lebih unik daripada resep cara buat soto tauco tegal enak maupun resep cara buat soto daging sapi. setiap kuah soto memang memiliki ciri khas tersendiri seperti saya lebih suka soto tauco dan lamongan karena kuahnya yang enak dan unik dan rasanya bisa di bilang lebih enak dari pada soto ayam segar bening lainnya.

Apakah anda tahu kenapa ketika anda berkunjung ke jawa timur lebih tepatnya ke daerah lamongan banyak penjual soto lamongan dengan harga yang berbeda-beda dan berselisih jauh harganya? karena soto asli lamongan yang enak memang harganya relatif lebih mahal karena setelah saya selediki yang membuat enak soto lamongan yang berkualitas dan mahal tersebut adalah pada bagian kuah nya yang gurih menggunakan campuran air rebusan ikan bandeng. penasaran bagaimana membuat soto lamongan yang enak dan rasanya tak kalah dengan penjual ternama di jatim? yuk kita simak bersama.


====================
Bahan Soto Lamongan :
====================
500 gram ayam kampung
1 liter air kaldu ayam
500 ml air untuk blender
200 gram ikan bandeng
7 buah tomat
1 batang daun bawang (gunakan putihnya saja)
3 lembar daun salam
1 sendok makan garam
1/2 buah kubis, iris tipis
1 batang serai, geprek
bawang goreng secukupnya
==============
Bumbu Halus :
==============
7 siung bawang putih
10 butir bawang merah
2 ruas lengkuas
2 ruas jahe
3 ruas kunyit
3 butir kemiri
1 sendok makan ketumbar

==========================
Cara Membuat Soto Lamongan :
==========================
1. Pertama silahkan haluskan bmbu halus yang sudah di persiapkan. kemudian sisihkan dahulu. siapkan panci.
2. Rebus ikan bandeng menggunakan 1/2 liter air kemudian bisa angkat ikan nya dan bersihkan dari tulang-tulangnya. air rebusan bandeng nya jangan di buang. siapkan blendernya.
3. Berikutnya blender daging ikan bandeng tanpa tulang dan duri dengan air rebusan tadi (yang sudah tidak panas). kemudian bisa di sisihkan dulu ya.
4. Langkah selanjutnya tumis semua bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam dan serai ke dalam tumisan aduk hingga layu. Tuang air kaldu ayam nya.
5. Masukkan ayam dan rebus hingga matang. angkat ayam nya dan selanjutnya suwir ayam nya kecil-kecil sesuai selera. air rebusan tidak di buang karena sebagai kuah soto.
6. Tuangkan hasil blenderan ikan bandeng ke dalam kuah soto. aduk hingga semua tercampur rata. selanjutnya tinggal didihkan menggunakan api kecil hingga mendidih.
7. Tambahkan irisan daun bawang dan masukkan bumbu garam ke dalamnya sambl di aduk-adukt erus sampai mendidih. selanjutnya bisa matian kompornya.
8. Siapkan mangkuk saji tata suwiran ayam, kubis dan tomat kemudian tuangkan kuah soto di atasnya. taburi dengan bawang goreng.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.42.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Soto Lamongan Enak
4.5/ 5
Oleh