Resep Cara Membuat Empal Daging Enak

Empal daging adalah salah satu masakan yang berupa daging sapi yang tentunya memiliki citarasa begitu enak terkadang ada juga yang terasa pedas namun memang dapat di sesuaikan rasanya, pada umumnya empal daging ini biasa menggunakan daging sapi yang tentunya lebih memiliki ciri khas dan bertekstur lebih lembut jika di rebus. proses memasak empal daging ini memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama layaknya buat resep rendang daging maupun resep semur daging. pastinya yang sudah pernah mencoba membuat kedua resep tersebut tuk buat kuliner empal daging sapi yang empuk kali ini terbilang sangatlah mudah walaupun jika rendang dan semur daging biasanya hanya di rebus dan di masak dengan bumbu beda dengan empal daging yang setelah di rebus hingga empuk baru di masak lagi dengan cara di goreng.

Membuat empal daging memang mudah dan praktis kalau di lihat prosesnya dari di rebus lalu di goreng akan menghasilkan rasa daging yang begitu empuk, gurih, manis enak apalagi jika perpaduan bumbunya sesuai pasti rasanya begitu nikmat dan di sukai oleh banyak orang. bentuk matang dari empal daging ini bisa di bilang kalau masakan dari eropa seperti halnya resep steak daging sapi. masakan khas sunda ini tak kalah kok rasanya dengan steak daging, walaupun sangat mudah di temukan di kawasan jakarta dan sekitarnya namun di beberapa daerah memang belum pada mengenal kuliner yang sangat populer di kawasan sunda ini. untuk itu kesempatan pada hari yang cerah ini mari kita bersama-sama belajar buat empal daging yang begitu enak, empuk dan praktis. warna daging yang pekat layaknya rendang memang terkadang membuat orang tidak mengetaui bahwasannya itu adalah empal daging. dari pada rasa penasaran anda menambah? bagaimana kalau mulai buat empal daging edisi jawaresep ini, yang pasti juga bisa di hidangkan kapan dan dimana saja, baik tuk menu hidangan sehari-hari, menu makan siang maupun lainnya.

Resep Cara Membuat Empal Daging Enak
Resep empal daging

=================
Bahan Empal Daging :
=================
600 gram daging sapi
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
6 butir kemiri
4 buah daun salam
10 buah daun jeruk
3 cm laos
2 sendok makan gula pasir
1 bungkus kaldu bubuk, merk bebas
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan merica butiran
1/2 sendok makan ketumbar bubuk minyak goreng secukupnya
air matang secukupnya

=======================
Cara Membuat Empal Daging :
=======================
1. Siapkan panci, kalau punya panci presto gunakan itu, tuangkan air ke dalamnya cuci sebentar daging nya hingga bersih lalu diiris sesuai selera bentuk melintang saja.
2. Masukkan ke dalam panci presto dan rebus selama 15 menitan, matikan api, biarkan panci prestonya nampak dingin dulu baru bisa di buka.
3. Menunggu itu bisa haluskan dulu bawang putih, bawang merah, kemiri bersamaan juga dengan bumbu laos dan merica butiran jadi satu.
4. Ambil wajan beri sedikit minyak dan panaskan dengan api sedang lalu tumis bumbu yang telah di haluskan sampai harum.
5. Masukkan daging yang sudah di rebus ke dalam wajan (pastikan daging sudah di tiriskan dulu dari panci prestonya).
6. Beri sedikit kaldu dari rebusan daging tadi sedikit saja lalu tambahkan daun salam, daun jeruk bersamaan juga masukkan gula pasir, garam dan juga kaldu bubuknya campur aduk.
7. Masak dan aduk terus hingga bumbu merasap dan airnya nampak menyusut. setelah itu ambil dagingnya saja dan goreng dagingnya hingga matang (kematangannya sesuaikan selera).
8. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.06.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Empal Daging Enak
4.5/ 5
Oleh