Resep Cara Membuat Sambal Bawang Pedas Gila

Resep Sambal Bawang, Sambal merupakan pelengkap makanan yang tidak terlewatkan oleh beberapa orang yang menyukai sambal. Hampir seluruh indonesia menyukai sambal, baik anak kecil hingga orang dewasa, berkembangnya zaman juga membuat produk-produk di indonesia menjual sambal kemasan maupun sambal botol yang praktis. Namun apabila di bandingkan dengan membuat sambal sendiri dengan sambal kemasan maupun sambal botol akan lebih berbeda, karena sambal buatan sendiri terjamin dan akan lebih sehat di konsumsi karena sambal kemasan tidak baik dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus karena terdapat bahan pengawet di dalamnya.

Banyak aneka dan variasi akan macam sambal di Indonesia, ada sambal goreng, sambal bawang, ada saos sambal, sambal terasi maupun sambal lainnya. Sebelumnya Jawa Resep pernah membahas cara mengolah dan membuat sambal terasi menjadi lebih enak, dan sebenarnya memang masih banyak sekali jenis-jenis sambal yang populer dan enak ada resep sambal tomat juga banyak sekali peminatnya terutama yang tidak terlalu suka pedas dan anak-anak lebih suka sambal tomat oleh sebab itu anda juga dapat membuatnya. namun hari ini kita akan berbagi cara membuat sambal bawang pedas gila yang tentu bagi yang suka pedas pada masakannya akan kurang terasa bila tidak ada sambal bawang pedas gila untuk itu yuk silahkan siapkan bahan dan mulai simak cara membuat sambal bawang yang enak di bawah ini.

Resep Cara Membuat Sambal Bawang Pedas Gila
Resep sambal bawang

==================
Bahan Sambal Bawang :
==================
5 buah cabai merah ukuran besar
10 buah cabai rawit hijau
7 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
3 sendok makan minyak goreng

=========================
Cara Membuat Sambal Bawang :
=========================
1. Cuci dan bersihkan semua bahan hingga bersih, panaskan minyak di atas penggorengan menggunakan api kecil.
2. Tumis cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan merah hingga beraroma harum.
3. Letakkan tumisan di atas cobek, tambahkan garam dan gula pasir di atas cobek. haluskan dengan ulekan sampai merata.
4. Sajikan sebagai menu pelngkap makanan favorite anda.

Keterangan :
- Bagi Anda yang kurang pedas bisa menambahkan cabai rawitnya sesuaikan selera pedas Anda.
- Dan apabila ingin mencoba sambal yang mentah atau tidak di goreng juga bisa dengan cara membersihkan semua bahan tanpa di tumis yang kemudian langsung di haluskan menggunakan cobek, ataupun bisa di haluskan terlebih dahulu kemudian baru di goreng. Dan hasil sambal matang maupun sambal mentah sama-sama enak dan membuat cita rasa khas sendiri jadi sesuaikan selera anda.

Begitu mudah membuat sambal bawang pedas gila di rumah yang tentunya lebih sehat dari pada memakai sambal produk kemasan. Bahan-bahannya pun sangat sederhana dan praktis serta mudah di dapatkan, namun hasilnya pasti akan terasa enak dan pedas. Bagi anda penyuka dan penggemar sambal tentunya jangan melewatkan menu sambal goreng pedas gila di atas sebagai menu pelengkap makanan kesukaan anda.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.06.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sambal Bawang Pedas Gila
4.5/ 5
Oleh