Resep Cara Membuat Sambal Tomat Enak Mudah

Resep Cara Membuat Sambal Tomat Enak Mudah
Sambal tomat merupakan salah satu jenis sambal yang menggunakan buah tomat sebagai campuran bahannya, namun pelru di ketahui sambal tomat berbeda dengan saus tomat, kalau sambal tomat terkadang bisa tak pedas dan adapula sambal yang di buat tomat dengan campuran cabai rawit agar pedas, namun untuk saus tomat tidak pedas sama sekali dan terkadang terasa kecut, manis maupun agak-ahak asam. untuk buat sambal tomat memang prosesnya hampir sama dengan resep cara membuat sambal bawang enak. yang berbeda pada tomat dan proses pembuatannya saja.

Sambal tomat juga biasanya juga sangat cocok hidangkans ebagai pendamping makanan seperti halnya resep ayam kremes yang renyah dan enak dan resep buat fried chicken renyah dan gurih. selain itu masih banyak makanan lain seperti sayur asem, bayam, ikan goreng dan lainnya juga cocok sekali di hidangkan bersamaan dengan sambal tomat. sambal tomat yang akan kita ulas hari ini bukan sambal mentah melainnya di goreng terlebih dahulu, jadi rasanya jauh tambah nikmat, pedas dan enak. semua bahannya sangat mudah di temukan dan dapat di pastikan ada di dapur anda apalagi yang hobi memasak sangat familiar sekali. walaupun beberapa hari lalu harga cabai mahal namun sekarang sudah turun dan murah kembali jadi yang suka dengan sambal jangan lewatkan resep sambal tomat matang yang satu ini ya.


===================
Bahan Sambal Tomat :
===================
2 buah tomat ukuran sedang
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit hijau
3 butir bawang merah
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok makan gula jawa
1/2 potong terasi udang sachetan kecil, merk ABC atau lainnya bebas
minyak goreng secukupnya

==========================
Cara Membuat Sambal Tomat :
==========================
1. Pertama-tama cuci terlebih dahulu cabai merah, cabai rawit dan tomatnya. kemudian kupas bawang merah potong menjadi dua bagian.
2. Panaskan sedikit minyak goreng kemudian goreng cabai merah, cabai rawit dan tomatnya sebentar saja menggunakan api kecil (jangan terlalu lama).
3. Setelah di goreng sebentar langsung di ulek-ulek hingga semuanya halus tambahkan bumbu garam dan sedikti gula jawa tambahkan terasi. ulek kembali hingga tercampur rata.
4. Hidangkan sebagai menu pelengkap makanan sehari-hari.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sambal Tomat Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh