Resep Cara Membuat Kue Putu Ayu Enak Mudah

Resep Cara Membuat Kue Putu Ayu Enak Mudah
Kue putu adalah salah satu jenis kue tradisional indonesia yang sangat familiar dan populer, rasanya yang empuk lembut membuat semua orang ketagihan jika menggigit dan memakannya. pada umumnya kue putu sendiri menggunakan isian gula jawa dan parutan kelapa yang masaknya dengan cara di kukus, pesatnya perkembangan zaman banyak sekali macam dan variasi kue putu, dari kue putu khas sulawesi selatan atau ketan hitam, kue putu ayum yang akan kita pelajari proses memasak kali ini adalah membuat kue putu ayu yang enak dan lezat.

Rasa enak kue putu juga tak hanya dapat di rasakan orang indonesia saja karena di negara-negara tetangga seperti singapura dan malaysia juga sudah banyak yang menjual kue putu khas indonesia. apabila di indonesia kue putu ayu ini mudah di temukan di toko-toko kue, teksturnya yang lembut hampir sama dengan resep cara membuat kue pukis dan resep kue bolu sederhana di jamin deh gak akan nyesal ketika bisa membuatnya sendiri. Untuk cara membuatnya tak terlalu sulit dan bahan-bahannya pun mudah untuk di dapatkan seperti terigu, telur, gula dan santan tentu sudah sangat familiar terdengar di telinga anda. cara mematangkannya cukup mudah yaitu cuma di kukus saja seperti layaknya resep kue bolu kukus, yuk langung praktekan saja mudahnya membuat kue putu ayu.


==================
Bahan Kue Putu Ayu :
==================
1/4 kg tepung terigu
1/4 kg gula pasir
1/4 liter santan
1 butir kelapa, untuk parut kelapa, ambil parutannya dan kukus sebentar saja
4 butir telur ayam
1 sendok makan pasta pandan
1/2 sendok makan garam
mentega secukupnya

==========================
Cara Membuat Kue Putu Ayu :
==========================
1. Siapkan wadah dan kocok lepas semua telurnya, masukkan gula dan campurkan hingga rata.
2. Tuangkan santan ke dalam adonan telur, aduk-aduk dan tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit secara perlahan saja sambil di aduk-aduk terus.
3. Masukkan pasta pandannya juga aduk merata. siapkan cetakan yang sebelumnya sudah di olesi dengan mentega secukupnya saja.
4. Letakan parutan kelapa yang telah di kukus ke dalam cetakan. tambahkan garam ca,mpurkan dengan parutan kelapanya.
5. Ambil sedikit adonan dan tuangkan ke dalam cetakan, banyaknya atau besar kecilnya adonan sesuaikan selera saja. lakukan hingga adonan habis.
6. Panaskan pengukus pancinya, setelah panas masukkan putu-putu nya ke dalam panci kukus. tutup rapat dan kukus hingga matang kurang lebih 10 hingga 15 menit saja.
7. Setelah matang bisa angkat dan keluarkan kue putu dari cetakannya. dinginkan sebentar agar tak panas.
8. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Putu Ayu Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh