Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar

Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar
Jawa Resep, Kue bolu kukus banyak sekali macam dan variasinya seperti halnya yang pernah di bahas di jawa resep waktu lalu ada bolu kukus pelangi, bolu kukus coklat maupun yang akan kita bahas nanti adalah bolu kukus mekar yang merekah rasa pandan. Waktu pembuatan kue ini bisa di bilang cukup singkat hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam saja, namun aapbila anda sudah terampil dan sudah terbiasa membuat kue bolu kukus sebelumnya, pastinya akan lebih cepat dalam membuat kue bolu kukus yang enak dan lembut.

Di rumah saya yang suka membuat kue bolu adalah kakak saya, rasanya begitu lembut, manis dan enak. Karena rasanya yang begitu menarik dan enak baru beberapa menit di sajikan langsung habis untuk itu kesempatan hari ini saya akan berbagi dan belajar bersama cara bagaimana kakak saya membuat kue bolu nya yang enak dan lembut, seperti biasa bahan kue bolu berbahan dasar tepung terigu, telur, gula dan yang biasanya memakai pewarna makanan resep kali ini menggunakan pasta pandan yang wangi. Dari pada anda tambah penasaran yuk langsung saja persiapkan bahan-bahannya.


========================
Bahan Kue Bolu Kukus Mekar :
========================
1/4 kg tepung terigu
1/4 kg gula pasir
2 butir telur ayam
60 gram tepung maizena
1/2 sendok makan emulfisier
1/2 sendok makan esens vanili
200 ml santan
pasta panda secukupnya, sesuaikan
cetakan kukus dan kertas roti secukupnya, sekitar 8-10 buah

==============================
Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar :
==============================
1. Langkah pertama siapkan cetakan yang sudah di alasi dengan alas roti kemudian panaskan kukusan,  tinggal dan sisihkan dulu
2. Siapkan wadah ukuran sedang maupun besar campurkan dan kocok telur, elmufisier dan gula hingga kental.
3. Selanjut nya tuangkan setengah bahan santan dikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di aduk-aduk terus hingga rata menggunakan mixer.
4. Masukkan tepung terigu, sisa santan dan tepung maizena secara bergantian hingga adonan tercampur rata. 5. Ambil 1/3 dari bagian adonan tadi dan beri pasta rasa pandan ( jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit ). Aduk hingga rata dan ambil sisa adonan beri esens vanili aduk rata. lalu sisihkan kedua nya
6. Ambil cetakan dan isi dengan adonan putih di bawah cetakan sebanyak setengah bagian, sisanya selingkan dengan adonan pandan hijau dan putih nya lagi ( sesuaikan ) dan lakukan hingga semua adonan habis.
7. Kemudian kukus cetakan ke dalam kukusan selama 15 menit hingga matang, lalu dinginkan sebentar.
8. Sajikan.

Keterangan :
- Ketika memasukkan cetakan ke dalam kukusan pastikan air dalam kukusan terlihat mendidih, karena untuk memekarkan merekah pada bolu membutuhkan banyak uap dari kukusan tersebut.


Demikian resep kue kering lembut membuat kue bolu kukus pandan mekar merekah yang enak, anda bisa membuatnya dimana saja, baik di rumah, di kantor, maupun sesuka anda.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar
4.5/ 5
Oleh