Resep Cara Membuat Tempe Penyet Sederhana

Resep Cara Membuat Tempe Penyet Sederhana
Jawa Resep, Apa sih tempe penyet itu ? terkadang ada orang yang tidak tahu, walaupun tempe merupakan makanan yang sangat familiar untuk semua orang. Tempe penyet adalah mengolah dan membuat tempe yang di goreng tanpa tepug, kemudian di sajikan dengan sambal terasi maupun sambal bawang dan tempe tersebut di penyet atau di tekan-tekan menggunakan ulekan yang ada sambalnya. Ada ayam penyet yang enak dan lezat tentunya juga tidak kalah enak ada cita rasa baru yang unik nih yaitu tempe penyet. Tempe sendiri merupakan sederhana, murah dan enak ketika di olah, seperti di buat menjadi tempe goreng, tempe bacem, maupun yang akan sekarang kita bahas yaitu tempe penyet. Untuk kesempatan hari ini kita akan belajar bersama mengolah dan membuat tempe tempe penyet edisi Jawa Resep dengan cita rasa yang khas dan unik. Untuk itu langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dan ikuti cara pembuatannya di bawah ini.


==================
Bahan Tempe Penyet :
==================
1 papan tempe
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam
1 liter air
minyak goreng secukupnya
==================
Bahan Sambal Penyet :
==================
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
10 buah cabai rawit hijau
5 buah cabai merah besar
1 buah tomat ukuran besar
1/4 sendok teh gula
1/4 sendok teh garam
1/2 sachet ukuran kecil terasi udang 

=======================
Cara Membuat Tempe Penyet :
=======================
1. Untuk tempe nya, Potong tempe kotak memanjang lalu haluskan bawang putih dan beri garam sedikit. Aduk-aduk hingga bumbu rata.
2. Siapkan wadah untuk air, masukkan bwang putih dan garam yang sudah di haluskan ke dalam wadah air.
3. Masukkan potongan-potongan tempe ke dalam wadah tersebut. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap ke dalam tempe.
4. Panaskan minyak banyak menggunakan api kecil. Goreng tempe hinga berubah warna kecoklatan dan matang dan matikan api.
5. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
6. Untuk sambalnya, Panaskan sedikit minyak menggunakan wajan dan api besar.
7. Masukkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah serta tomat. Goreng sebentar saja jangan terlalu lama agar tidak gosong.
8. Siapkan ulekan dan haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi udang, cabai merah dan tomat hingga halus.
9. Tambahkan sedikit garam dan gula, ulek kembali hingga merata ( jika masih kurang asin bisa tambahkan garam lagi ).
10. Sajikan tempe yang sudah tidak panas tadi dengan sambal dengan cara dipenyet di cobek/ulekan tadi hingga tempe tercampur dengan sambal.


Keterangan :
-Bagi anda yang ingin menambahkan beberapa tempe juga bisa, sesuaikan saja bumbu di atas degan jumlah papan tempe yang akan anda tambahkan.
-Sedangkan bagi anda yang kurang suka dengan pedas, bisa mengurangi cabai rawitnya dan menambahkan tomat sekitar 2-3 lagi. Namun bagi anda yang kurang pedang sebaliknya bisa menambahkan cabai rawitnya sesuai selera.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tempe Penyet Sederhana
4.5/ 5
Oleh