Resep Cara Membuat Abon Ayam Yang Enak

Resep Cara Membuat Abon Ayam Yang Enak
Resep Cara Membuat Abon Ayam Yang Enak - Jawa Resep, Abon identik dengan warna coklat gelap yang pekat, makanan yang enak ini banyak di sukai anak-anak. Abon sendiri terbuat dari serat hewan dan biasanya bisa terbuat dari daging sapi, ayam maupun daging lainnya. Ternyata membuat abon sendiri cukup mudah dan praktis, bahan-bahan membuat abon juga mudah di dapatkan serta proses waktu pembuatannyapun cukup singkat dan kocek yang di keluarkan membuat abon lebih murah meriah ketimbang anda beli abon-abon yang sudah siap jadi. Kesempatan kali ini jawa resep akan berbagi cara membuat abon rasa ayam yang enak yang tentunya sangat cocok di sajikan bersamaan dengan nasi putih hangat saja maupun dengan lauk pauk lainnya seperti mie pangsit, bakso maupun di padukan dengan menu makanan lainnya yang terasa cocok di lidah anda. Yuk langsung saja siapkan bahannya dahulu.


================
Bahan Abon Ayam :
================
400 gram fillet ayam
1/2 liter air
1/4 liter susu cair
4 sendok makan gula pasir
1 cm lengkuas
1 batang serai
2 lembar daun jeruk ukuran besar
===========
Bumbu Halus :
===========
3 siung bawang putih
1 butir bawang merah
1 sendok makan ketumbar yang sudah halus
2 sendok makan kemiri yang sudah halus
1 liter minyak goreng
1/2 sendok makan garam
1 cm kunyit

=====================
Cara Membuat Abon Ayam :
=====================
1. Pertama-tama seperti biasa cuci dan bersihkan ayam dahulu hingga tidak ada darahnya.
2. Rebus ayam selama 15 menit agar ayam empuk dan lunak. potong ayam menjadi beberapa bagian yang banyak setelah itu tumbuk ayamnya.
3. Langkah berikutnya suwir ayam nya hingga halus setelah itu sisihkan bentar. haluskan semua bumbu halusnya.
4. Tumis bumbu halus hingga beraroma harum, masukkan lengkuas, daun jeruk dan serai. Aduk-aduk sebentar saja. Campurkan dan masukkan susu dan air ke dalam tuisan, diamkan hingga air mendidih.
5. Setelah air dalam tumisan mendidih masukkan suwiran ayam tadi ke dalam nya. Aduk-aduk terus hingga merata dan hingga air menyusut.
6. Panaskan minyak banyak kemudian goreng suwiran ayam tadi hingga kering. Setelah itu tiriskan dahulu.
7. Siapkan kain serbet atau lap yang bersih, letakan suwiran ayam yang sudah di tiriskan di atasnya. Peras minyak ayam nya atau bisa menggunakan tisu agar minyaknya cepat terserap.
8. Dinginkan sebentar kemudian masukkan ke dalam wadah yang tertutup / kedap udara yang sudah di alasi dengan kertas roti maupun kertas minyak.
9. Sajikan.


Itulah resep mudah membuat abon ayam kering yang enak dan spesial buatan sendiri yang pastinya cocok sekali di sajikan kapan dan dimana saja sesuai selera makan anda. Selamat mencobanya dan pastikan untuk mencoba dan membuat resep lainnya, ada resep membuat roti manis yang enak dan resep membuat ayam goreng rica-rica spesial.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Abon Ayam Yang Enak
4.5/ 5
Oleh