Resep Cara Membuat Donat Sederhana

Resep Cara Membuat Donat Sederhana
Jawa Resep, Kue donat sederhana merupakan makanan ringan yang sangat di sukai oleh anak-anak, harga donat yang terjangkau membuat jajanan ini dapat di rasakan semua orang. Rasanya yang gurih, dan enak membuat donut jadi makanan ringan terpopuler di indonesia karena hampi semua orang pernah memakan makana yang satu ini. Banyak sekali macam dan variasi bentuk donat dari donat rasa coklat, stroberi maupun lainnya yang tambah unik dan bercita rasa seperti halnya donat kentang spesial yang rasanya gurih.

Bahan dasar utama membuat donat tepung, gula mentega, telur yang di padukan serta di campurkan jadi satu dengan bahan lainnya hingga membentuk adonan. Donat di bentuk bulat melingkar yang di lubangi bagian tengah nya kemudian proses mematangkan nya dengan cara menggoreng hingga kering dan mengembang lalu di sajikan bersamaan dengan gula halus. Untuk donat coklat maupun variasi toping banyak rasa bisa di beri setelah donat tidak panas. Kesempatan kali ini jawa resep akan berbagi cara belajar membuat donat yang lebih simple dan sederhana. Langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan ikuti cara pembuatannya dengan benar di bawah ini ya.

===================
Bahan Donat Sederhana :
===================
1/2 tepung terigu
75 gram susu bubuk
125 ml air dingin
3 butir telur, gunakan kuning nya saja
100 gram gula kastor 75 gram margarin
1/4 sendok makan garam
10 gram ragi instangula halus donat secukupnya untuk taburan donat

=============================
Cara Membuat Kue Donat Sederhana :
=============================
1. Pertama siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, gula kastor, ragi instan dan susu bubuk jadi satu. aduk-aduk hingga tercampur rata.
2. Tuangkan air ke dalam wadah sambil di aduk dan tambahkan kuning telur ke dalam adonan kue donatnya. Uleni hingga merata.
3. Masukkan garam serta menteganya juga. aduk dan uleni hingga kalis. Diamkan adonan selama 10 menit saja.
4. Ambil sebagian adonan bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan donat ( janga di lubangi dulu ) lakukan hingga semua habis. kemudian diamkan terlebih dulu selama 10-15 menit atau hingga terleihat mengembang.
5. Setelah mengembang baru mulai lubangi satu persatu bagian tengah adonan donat nya (saya menggunakan dua jari telunjuk untuk melubangin nya ).
6. Panaskan minyak banyak menggunakan api sedang, goreng donat hingga berubah warna kuning keemasan hingga matang.
7. Setelah di angkat lebih baik tiriskan dahulu agar tak terlalu banyak minyak.
8. Taburkan gula halus donat di atas nya ( pastikan ketika menaburkan donat sudah tidak terlalu panas dan sudah tak nampak minyak lagi ).
9. Sajikan.

Itulah sederhananya membuat donat sendiri, donat buatan sendiri tentunya lebih praktis dan lebih sehat karena bahan-bahannya kita ketahui sedangkan kalau beli sekarang banyak oknum-oknum penjual yang nakal mencampurkan bahan kimia pada donat hal tersebut bila di konsumsi secara terus menerus dapat merusak, jadi jika ingin membeli donat pilihlah dengan baik-baik sedangkan untuk lebih aman nya memang buat sendiri, walaupun membutuhkans edikit waktu namun rasa tersebut akan terbayar ketika donat masuk kemulut anda. selamat mencobanya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Donat Sederhana
4.5/ 5
Oleh