Resep Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Spesial

Resep Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Spesial
Jawa Resep, Kue lidah kucing tergolong ke dalam kue kering yang berbentuk mirip halnya dengan lidah hewan kucing yaitu tipis namun memanjang. Asal mula kue lidah kucing yaitu dari zaman dahulu ketika indonesia masih di jajah oleh belanda dan di bawa oleh orang-orang belanda masuk ke indonesia dan diberi nama kue katte tong. Setelah berkembangnya zaman kue lidah kucing sangat populer di indonesia, kue kering yang enak ini bisa di bilang di sukai semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa, rasanya yang gurih dan renyah serta sekarang banyak sekali macam variasi yang unik dan khas dari kue kering lidah kucing membuat kue kering yang satu ini sangat di gemari untuk cemilan maupun di makan di waktu bersantai bersama keluarga di rumah. Tidak hanya di makan untuk waktu santai biasanya kue lidah kucing juga di sediakan ketika wktu-waktu perayaan hari-hari besar maupun keagaaman seperti halnya di hari raya idul fitri, imlek maupun hari natal dan hari-hari keagamaan lainnya. Untuk kesempatan hari ini jawa resep akan berbagi mudahnya membuat kue lidah kucing sendiri, untuk itu langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya.


=========================
Bahan Kue Kering Lidah Kucing :
=========================
250 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
1 butir telur ayam, ambil putihnya saja
150 gram margarin
150 gram mentega
150 gram gula halus
1 sendok teh vanili
pewarna makanan, usahakan yang berbeda atau pelangi

======================================
Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Spesial :
======================================
1. Langkah pertama panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius, kemudian siapkan loyang ukuran sedang / besar dan olesi dengan margarin, lalu sisihkan terlebih dahulu.
2. Siapkan wadah ukuran besar, campurkan mentega, margarin dan gula hingga merata dan mengembang.
3. Masukkan telur dan vanili kemudian kocok hingga merata dan tercampur. Kemudian sisihkan terlebih dahulu
4. Selain itu campurkan tepung terigu dan maizena hingga tercampur rata. Ambil wadah yang sudah di isi adonan mentega yang sudah di campur dengan bahan lain. Masukkan campuran tepung ke dalamnya. Aduk/kocok terus hingga rata.
5. Selanjutnya bagi adonan menjadi enam bagian yang ukurannya sama rata. Warnai semua adonan dengan menggunakan pewarna makanan yang berbeda ( namun sebelumnya masukkan terlebih dahulu ke dalam piping bag / kantong segitiga).
6. Kemudian semprotkan ke loyangnya, satu kue kering lidah kucing sebanyak enam warna adonan segaris-segaris, lakukan hingga semua adonan.
7. Terakhir panggang kue kering ke dalam oven yang sudah panas tadi hingga kering dan matang.
8. Angkat dan dinginkan sebentar lalu masukkan ke dalam wadah yang tertutup atau kedap udara. Sajikan.


Wah ternyata mudah kan membuat kue lidah kucing spesial sendiri di rumah, bahan-bahan seperti tepung,mentega, telur yang mudah di dapatkan juga akan membuat kue kering ini menjadi lebih praktis. Oh iya kawan, untuk pewarna makanannya sebenarnya bisa di sesuaikan selera, mau pelangi boleh, mau polos boleh mau satu pewarna juga boleh, namun yang cenderung di sukai anak-anak adalah yang banyak warna ya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Spesial
4.5/ 5
Oleh