Resep Cara Membuat Kue Klepon Enak

Resep Cara Membuat Kue Klepon Enak
Jawa Resep, Klepon adalah sejenis kue tradisional asli indonesia yang berbahan dasar dari tepung ketan di campurkan pandan, kelapa, kapur sirih dan bahan lain nya yang di padukan menjadi satu dan di bentuk menjadi bulatan-bulatan bola kemudian pada bagian tengah umum nya menggunakan isi gula merah, proses memasak klepon cukup mudah hanya dengan cara memasukkan ke dalam didihan air lalu disajikan dengan cara di gelindingkan ke parutan kelapa. Kue klepon salah satu jajanan pasar yang disukai semua orang baik dari anak-anak hingga orang tua menyukai kue ini.

Umumnya klepon berwarna hijau yang terbuat dari daun pandan maupun suji namun ada beberapa pembuat klepon terkenal membuatnya dengan warna polosan putih saja. kue ini sudah terkenal ke penjuru indonesia bahkan sampai negara tetangga seperti malaysia juga ada jadi tidak perlu ragu lagi tentang rasanya bagi yang belum pernah mencobanya. di beberapa daerah indonesia bahkan malaysia kue ini biasa dinamai dengan kue onde-onde. Kesempatan hari ini kita akan belajar bersama mengolah dan membuat kue klepon yang enak edisi jawa resep masakan online, yuk di simak bersama.


===============
Bahan Kue Klepon :
===============
1/4 kg tepung beras ketan
1/4 liter air
200 gram gula merah, sisir
200 gram kelapa parut
1 sendok makan air kapur sirih
1 sendok makan garam
1 sendok makan pasta pandan

=====================
Cara Membuat Kue Klepon :
=====================
1. Pertama kukus terlebih dahulu sisiran gula merah dan kelapa parut nya. Sisihkan.
2. Siapkan wadah ukuran sedang/besar, campurkan tepung beras ketan, pasta pandan, air kapur sirih, garam, dan sedikit air. aduk-aduk dan uleni menjadi satu dan rata.
3. Siapkan panci isi dengan air dan didihkan terlebih dahulu menggunakan api kecil saja untuk merebus adonan nanti.
4. Menunggu air mendidih balik ke adonan dulu, ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan beri isi dengan sedikit gula merh sesuai selera ( jangan terlalu banyak ).
5. Bulatkan adonan tadi hingga benar-benar halus merata agar tidak pecah ketika di didihkan ke dalam rebusan
6. Masukkan adona tadi ke dalam panci yang sudah mendidih. Lakukan hingga ke semua adonan habis.
7. Masak hingga kue klepon mengapung di atas permukaan air setelah itu angkat dan guling-gulingkan ke dalam wadah yang berisi parutan kelapa.
8. Sajikan.

Demikian itu resep membuat klepon dengan mudah, ada sedikit tips dan cara yang harus anda perhatikan seperti hal nya ketika mengisi adonan kelopon sebaik nya jangan terlalu banyak dan jangan terlalus sedikit. apabila terlalu banyak akan pecah gula merah nya akan keluar. sedangkan kalau buat sedikit rasanya akan kurang pas jadi usahakan buat isinya di bikin dan sesuaikan ukuran klepon nya. Dan untuk parutan kelapa nya anda bisa menambahkan sedikit garam sekitar 1/4 sendok teh saja agar terasa lebih enak. selamat mencobanya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Klepon Enak
4.5/ 5
Oleh