Resep Cara Membuat Roti Manis Spesial Enak Dan Praktis

Resep Cara Membuat Roti Manis Enak Dan Praktis
Jawa Resep, Roti manis merupakan roti yang sangat familiar di indonesia, hampir semua orang sudah merasakan dan memakannya. Rasanya yang enak dan manis tentunya banyak di sukai semua kalangan terutama anak-anak. di Indonesia sendiri sangat banyak sekali variasi roti manis yang berbeda-beda, unik da enak tentunya. Roti manis umumnya terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan bahan-bahan lainnya yang di padukan menjadi satu seperti umumnya membuat roti-roti enak lainnya kemudiana da yang bisa di kasih dengan isian maupun ada yang tidak. Dan untuk kesempatan hari ini mari yuk kita belajar bersama membuat roti manis yang enak, lembut dan praktis serta tentunya kali ini tanpa ulenan. langsung saja persiapkan bahan-bahannya dulu dan ikuti tips dan cara membuatnya di bawah ini.


======================
Bahan Membuat Roti Manis :
======================
1/2 kg tepung terigu
1/4 liter susu cair full cream
1 butir telur, kocok lepas
1 sendok makan ragi instan
7 sendok makan gula pasir
50 gram mentega
1/2 sendok makan garam

=====================
Bahan Topping Dan Isian :
=====================
2 sendok makan susu cair
1 butir telur kocok lepas
mentega secukupnya
sosis rasa ayam secukupnya
susu kental manis secukupnya
abon ayam secukupnya
pisang uli secukupnya
mayonaise secukupnya
meses rasa coklat secukupnya
keju parut secukupnya
saus sambal secukupnya


================================
Cara Membuat Roti Manis Spesial Enak :
================================
1. Pertama-tama siapkan mangkuk kemudian campurkan 50 ml susu full cream yang hangat, ragi instan dan gula, aduk dan diam kan selama 5 menit hingga berbuih. Kemudian sisihkan dahulu.
2. Siapkan wadah maupun mangkuk besar, campurkan dan ayak terigu dan garam. Tambahkan 6 sendok makan gula pasir. Aduk-aduk hingga rata.
3. Masukkan mentega ke dalam adonan, tekan dan remas adonan menggunakan ujung jari hingga adonan berbutir-butir. Tambahkan telur, sisa susu, dan campuran larutan susu dan ragi tadi ( pada langkah nomor satu ). Aduk-aduk menggunakan tangan hingga merata.
4. Tutup adonan menggunakan pebungkus plastik / warp. Biarkan adonan mengembang hingga dua kali lipat dari sebelumnya ( biasanya sekitar 1 jam saja ).
5. Setelah itu buka warp dan aduk adonan menggunakan spatula hingga mengempis. Tutup kembali selama 15 menit saja ( di fermentasi ) Aduk-aduk lagi hingga rata, lakukan fermentasi 2 kali.
6. Siapkan loyang yang sudah di olesi mentega dan siapkan juga meja yang sudah di taburi dengan terigu.di atasnya.
7. Tuangkan adonan di atas meja, bentuk adonan mnjadi beberapa bulatan-bulatan dan beri isinya dengan pisang dan sosis yang sudah matang. Tata adonan ke dalam loyang dan fermentasikan terlebih dahulu selama 45 menit saja.
8. Panaskan oven dengan suhu yang panas berkisar 200 derajat celcius. Sebelum di panggang olesi tori nya dengan telur dan susu cair dahulu.
9. Panggang roti ke dalam oven hingga matang sekitar 15 menit hingga berwarna kecoklatan.
10 Olesi dengan mentega / bisa gunakan blueband lalu sajikan.

Keterangan :
- untuk roti manis isi sosis caranya tinggal ketika membentuk bulatan, gilas adonan berbentuk oval di atas loyang kemudian beri sosis matang di atasnya, sebelu di panggang ke dalam oven tambahkan susu, mayonaise dan sambal di atas sosisnya.
- sedangkan untuk roti toping abon caranya tingga ketikan membentuk bulatan adonan, gilas adonan berbentuk oval sama seperti isi sosis, guluh dan tata di atas loyang fermentasi sebentar dan panggang, nah setelah di panggang baru tambahkan mayonaisem susu kental manis dan abos di atasnya.


Begitulah resep membuat roti manis yang enak dan praktis untuk toping dan isi bisa di padukan atau di campur karena hasil mebuat roti ini bisa sampai 20 buah jadi misal untuk roti manis isi sosis bisa 10 buah dan 10 buah lainnya untuk roti topping abon ayam.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Roti Manis Spesial Enak Dan Praktis
4.5/ 5
Oleh