Resep Cara Membuat Cireng Bandung Enak

Jawa Resep, Asal mula sebutan cireng sebenarnya berasal dari bahasa sundah yaitu aci yang di goreng. Makanan ini sangat populer di daerah bandung dans ekitar nya rasa nya yang gurih,r enyah dan enak membuat semua kalangan menyukai nya. Cireng sudah terkenal sejak zaman dahulu hingga sekarang sudah banyak variasi unik dan rasa cireng yang enak dari rasa ayam, sapi hingga rasa bakso dna keju. Pesat nya perkembangan zaman membuat cireng menyebar ke penjuru indonesia dan lebih di kenal sebagai jajanan yang enak dan di sukai semua orang terutama anak-anak dan remaja.

Membuat cireng sendiri tentu nya lebih aman kadar kesehatan nya, karena kita mengetahui bahan apa saja yang di gunakan. proses membuat cireng cukup mudah dan lebih singkat ketimbang membuat jajanan lain nya. bahan membuat nya pun mudah di dapatkan di warung dekat tempat tinggal anda, untuk hari ini kita akan belajar bersama membuat dan mengolah cireng yang enak khas bandung. silahkan simak dan persiapkan bahan-bahannya seperti di bawah ini.


==================
Bahan Cireng Bandung :
==================
1/4 kg tepung kanji
1 sendok makan tepung terigu
1/4 liter santan
1 batang daun bawang, iris tipis
minyak secukupnya
===========
Bumbu Halus :
===========
5 siung bawang putih
1 lembar daun seledri
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap rasa royco rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk

=========================
Cara Membuat Cireng Bandung :
=========================
1. Siapkan wadah ukuran besar, masukkan tepung terigu, irisan daun bawang dan tepung kanji ke dalam nya. aduk dan campurkan hingga rata. Sisihkan.
2. Haluskan bawang putih dan semua bumbu halus nya. Tumis di atas api besar menggunakan sedikit minyak hingga beraroma wangi.
3. Tuangkan santan ke dalam tumisan.aduk-aduk hingga mendidih ( aduk-aduk terus agar santan tak pecah ). Setalah mendidih dinginkan sebentar agar tak panas.
4. Masukkan santan yang sudah tadi ke dalam campuran wadah tepung kanji. Tuang dikit demi sedikit sambil di uleni dan aduk menggunakan tangan hingga kalis dan menjadi sebuah adonan.
5. Bentuk adonan cireng sesuai selera, bisa bentuk pipih yang melingkar  maupun bentuk-bentuk lain nya ( jangan terlalu tebal, bentuk nya pipih/ tipis saja ).
6. Panaskan minyak banyak menggunakan api kecil, goreng cireng nya hingga matang dan kering.
7. Diamkan sebentar agar hangat dan tak terlalu panas. Sajikan dan makan selagi hangat.

Cireng bandung ternyata mudah kan di buat sendiri di rumah, banyak variasi tentang rasa nya, untuk rasa setelah amtang bisa di beri bumbu rasa maupun penyajian nya bisa menggunakan saus sambal maupun saus tomat agar tambah enak dan lezat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Cireng Bandung Enak
4.5/ 5
Oleh