Resep Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning Enak

Resep Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning Enak
Yogya memang di kenal dengan aneka kulinernya seperti resep telur bacem yang sudah meluas hingga ke nusantara ini dan berbagai aneka kreasi menu makanan lainnya. hidangan yogya hari ini juga tak kalah enak dengan menu-menu sebelumnya yang pernah kita pelajari waktu itu. menu hari ini adalah membuat ayam ungkep bumbu kunis khas jogja yang tentunya hingga sekarang sudah menyebar luas ke nusantara ini. terutama di daerah jawa tengah dan jawa timur memang sudah banyak yang menjual ayam ungkep nah daerah lain yang ingin coba tak perlu khawatir jauh-jauh pergi ke yogya karena disini jawa resep akan berbagi mudahnya membuat ayam ungkep sendiri yang tentunya sangat praktis dan mudah.

Rasa ayam ungkep yang lembut, empuk dan enak tentu tak kalah dengan resep ayam penyet paling enak. untuk ayam ungkep proses pembuatannya lebih simple dan cepat tentunya hanya seperti membuat ayam goreng biasa namun yang membedakan adalah bumbu-bumbu dan kunyit nya yang akan menambah kenikmatan dan lezatnya ayam ungkep. beberapa resto ternaka di jogja tentu menyediakan menu makanan yang enak ini harganya yang bersahabat dan rasanya yang enak membuat semua orang menyukainya seperti halnya resep cara membuat ayam kentucky ala kfc yang sama-sama laris dan penjualannya cukup baik di nusantara ini. bila anda ingin merasakan tentu beberapa warung makan khas yogya di tempat anda juga ada namun memang akan lebih nikmatbilamana membuatnya sendiri di rumah, penasaran bagaimana cara buat ayam ungker? yuk ikuti dan simak caranya di bawah ini.


============================
Bahan Ayam Ungkep Bumbu Kuning :
============================
1 ekor ayam
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 lembar daun salam
2 ruas lengkuas
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
1 batang sereh
1 sendok makan garam
1 sendok makan ketumbar bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1000 ml air matang
3 buah jeruk nipis
minyak goreng secukupnya

==================================
Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning :
==================================
1. Potong ayam menjadi beberapa bagian, cuci ayamnya kemudian kasih dengan garam dan perasan air jeruk nipis keseluruh bagian ayam. campurkan rata dan diamkan selama 10 menit.
2. Cuci kembali ayam sampai sampai bersih kemudian sisihkan. haluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan serai, ulek sampai halus rata.
3. Siapkan wajan tumis bumbu halusnya sampai wangi, masukkan bumbu lainnya seperti merica, ketumbar, dan daun salam. aduk rata kemudian baru masukkan potongan ayam dan tuangkan air matang juga ke dalam tumisan.
4. Aduk terus hingga bumbu meresap ke dalam ayam menggunakan api sedang saja. kurang lebih selama 10 menit.
5. Tunggu hingga menyusut dan ayam nampak empuk matang. setelah itu tiriskan. dan panaskan wajan lain menggunakan minyak banyak.
6. Goreng ayam ungkep bumbu kuningnya ke dalam minyak panas menggunakan api kecil. goreng sebentar saja sampai berwarna kuning kecoklatan (karena ayam ungkep yang sudah di tumis tadi sudah siap santap).
7. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 15.04.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning Enak
4.5/ 5
Oleh