Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Enak

Siapa sih yang tak suka dengan kuliner dari bahan olahan jengkol? hampir semua kalangan suka mulai dari anak kecil hingga orang dewasa menyukainya rasa jengkol yang begitu enak membuat semua orang ketagihan ketika memakannya. kuliner jawa resep hari ini adalah resep semur jengkol yang enak tentu dengan rasa jengkol yang begitu empuk dan tekstur lembut membuat semua orang suka. sangat mudah menemukan penjual semur jengkol, setiap warung makan di pinggir jalan umumnya menyediakan. memang jengkol lebih identik sekali di temukan di daerah kawasan jawa barat indonesia, warung-warung makan baik kecil di pinggiran maupun resto ternama menyediakan menu yang satu ini. beberapa orang yang baru pertama kali mengenal jengkol mungkin memang agak tak suka dengan baunya, namun jika sudah di makan pastinya akan ketagihan dan ingin memakannya terus.

Membuat semur jengkol yang empuk tak terlalu susah, caranya mudah dan praktis sekali apalagi bagi anda yang sudah pernah mencoba resep yang pernah kita pelajari bersama yaitu resep semur daging empuk enak dan resep buat semur telur bahka ada juga resep sate ayam enak tentunya pasti akan merasa mudah apabila ingin buat semur jengkol sendiri. untuk bahan-bahannya pun terbilang hampir sama hanya bahan dasar yang biasanya menggunakan daging ataupun telur sekarang menggunakan jengkol. di beberapa daerah di nusantara ini tentu sudah mengenal jengkol tak hanya itu di beberapa negara tetangga seperti malaysia dan singapura juga banyak peminat jengkol ini dan setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. walaupun jengkol memang memiliki bau yang lebih berciri khas dan berkarakter seperti layaknya petai jengkol lebih pekat bisa di bilang dua kali lipat dari bau petai jadi bau ini juga menjadi ciri khas sendiri dari semur jengkol.

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Enak
Resep semur jengkol

==================
Bahan Semur Jengkol :
==================
1/2 kg jengkol
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
5 buah cengkeh
5 butir kemiri
1 buah pala
3 cm kayu manis
2 sendok makan minyak goreng
kecap manis bango secukupnya
gula jawa secukupnya
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
air secukupnya

=========================
Cara Membuat Semur Jengkol :
=========================
1. Kupas kulit jengkol dan rebus menggunakan panci hingga empuk dan matang kurang lebih sekitar 1 jam saja (jika ingin tidak terlalu bnau menyekat bisa ganti airnya secara bergantian sebanyak 2-3 kali).
2. Langkah berikutnya bisa haluskan dulu bawang putih, bawang merah dan kemiri menggunakan blender ataupun ulekan sampai halus dan tercampur rata.
3. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang telah di haluskan tadi hingga berbau wangi. masukkan jengkol ke dalam tumisan. aduk rata dnegan bumbu,
4. Masukkan kayu manis, cengkeh dan tuangkan langsung air secukupnya hingga menutupi seluruh bagian jengkolnya (namun jangan terlalu banyak-banyak/encer ya).
5. Tambahkan gula jawa, garam dan merica, lalu bisa koreksi rasanya. setelah di rasa cocok masak hingga bumbu nampak meresap dan matang.
6. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 15.04.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Enak
4.5/ 5
Oleh