Resep Cara Membuat Cilok Super Enak

Resep Cara Membuat Cilok Super Enak
Jawa Resep, Cilok merupakan makanan atau jajanan yang sudah sangat terkenal, rasanya yang enak dan kenyal membuat semua kalangan menyukai nya baik dari orang dewasa dan anak-anak suka dengan jajana yang enak ini. Menurut beberapa orang cilok merupakan khas sunda jawa barat karena berkembang nya zaman yang sangat pesat hampir setiap daerah dapat di temukan penjual-penjual cilok dari yang warung, penjual gerobak, memakai sepeda bahkan sampai pakai motor pun ada.

Yang lalu telah di bahas resep ayam penyet enak dan resep lobster enak
nah bagaimana kalau sekarang buat cilok bandung. Cilok berbentuk bulatan-bulatan hampir mirip bakso namun rasanya lebih kenyal dan seperti hal nya resep cimol enak cilok juga memiliki rasa ciri khas tersendiri yang dapat membuat seseorang ketagihan dan ingin memakan nya terus. Umumnya cilok berbahan dasar dari tepung tapioka yang di campur dengan bumbu lainnya dan di sajikan bersamaan dengan sambal pedas maupun sambal kacang. Hari ini kita akan belajar bersama mengolah dan membuat cilok super enak edisi jawa resep.


===============
Bahan Cilok Super :
===============
1/4 kg tepung terigu
1/4 kg tepung tapioka
1 1/2 liter air
1 sendok makan penyedap rasa royco ayam
1 sendok makan merica
1 sendok makan garam
2 batang daun bawang ukuran besar
3 siung bawang putih
1/2 bks bumbu pecel instant
saus sambal secukupnya
kecap manis secukupnya

==========================
Cara Membuat Cilok Super Enak :
==========================
1. Langkah pertama seperti biasa siapkan wadah dan campurkan tepung terigu dan tepung tapioka hingga rata sambil di ayak.
2. Iris tpis daun bawang dan bawang putihnya terlebih dahulu, kemudian masukkan keduanya ke dalam campuran tepung.
3. Panaskan air sebanyak 1/2 liter kemudian masukkan penyedap rasa royco ayam, merica bubuk dan garam.Aduk hingga mendidih.
4. Setelah itu matikan api dan masukkan air kaldu yang panas ke dalam adonan tepung dikit demi sedikit sambil di aduk hingga merata ( uleni adonan hingga kalis menggunakan spatula maupun sendok kayu).
5. Setelah adonan rata dan bisa di bentuk barulah anda membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil seperti bakso. lakukan hingga kesemua adonan habis
6. Didihkan sisa air dalam panci menggunakan api kecil saja, masukkan  bulatan-bulatan cilok ke dalam panci yang mendidih. Masak cilok hingga mengapung ke permukaan air kemudian angkat.
7. Setelah matang masukan cilok ke dalam kukusan panci hingga matang, empuk dan terasa kenyal.
8. Menunggu cilok matang anda bisa buat bumbu saus nya dahulu,  campurkan saus sambal, kecap manis dan bumbu pecel instan menjadi satu aduk rata dan tambahkan air panas, aduk kembali hingga tercampur rata.
9. Setelah cilok matang dari kukusan sajikan  bersamaan dengan bumbu sambal nya.

Demikian resep membuat cilok super yang mudah dan praktis, untuk bagian bumbu sambalnya anda bisa mengganti nya dengan sambal kacang, selain itu untuk abagian campuran tepung nya sebenarnya anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti halnya keju parut ( bagi yang suka ) maupun bahan lainnya sesuai selera. Namun resep di atas tanpa bahan tambahan lainnya sudah snagat pas dan enak. selamat mencobanya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 08.41.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Cilok Super Enak
4.5/ 5
Oleh