Resep Cara Membuat Sate Ayam Madura Enak

Resep Cara Membuat Sate Ayam Madura Enak
Jawa Resep, Satai atau yang lebih di kenal dengan sate merupakan cara mengolah makanan dengan cara di tusuk dengan menggunakan tusuk sate kemudian di bakar. Kalau madura sendiri juga sudah snagat terkenal dengan sate nya, pesatnya penyebaran dan berkembangnya zaman sate madura juga sudah cukup terkenal di penjuru nusantara ini. Sate ayam adalah makanan asli khas indonesia yang sangat di minati oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa, oleh sebab itu untuk membuatnya yang lembut/empuk membutuhkan semua teknik dan bumbu yang pas agar ketika di makan di sukai oleh semua orang. Untuk hari ini mai kita bahas bersama tips-tips dan cara membuat sate ayam madura yang enak dan lezat edisi jawa resep, yuk langsung saja dari pada menambah rasa ingin tahu anda persiapkan dahulu bahan-bahannya ya.


=====================
Bahan Sate Ayam Madura :
=====================
1/2 kg daging ayam
1 buah jeruk sambal
10 sendok makan kecap manis, saya menggunakan bango
1/4 sendok teh garam
tusuk sate secukupnya
============
Bumbu Minyak :
============
8 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih potong kecil
1/2 sendok makan ketumbar halus
===========
Bahan Saus :
===========
150 gram kacang tanah
2 buah cabai merah ukuran besar
1/4 liter air
3 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih, iris halus
1 butir bawang merah, iris halus
gula merah secukupnya

===========================
Cara Membuat Sate Ayam Madura :
===========================
1. Cuci dan bersihkan daging ayam nya hingga tak nampak darah sama sekali. Potong tipis membentuk persegi panjang maupun kotak kemudian masukan perasan air jeruk sambal. Aduk-aduk hingga merata.
2. Tambahkan kecap manis bango ke dalam adukan dan tambah sedikit garam aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap.
3. Buat Saus kacangnya, haluskan saja kacang tanah, kemudian bawang putih, bawang merah, cabai ( jangan di campur ketika menghaluskannya lakukan sendiri-sendiri ).
4. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah di haluskan. Masukkan air aduk sebentar lalu masukkan kacang tanah yang sudah halus ke dalam tumisan. aduk-aduk hingga air mengental.
5. Masukkan gula merah secukupnya ( bila suka dan bila ada saja ) aduk lagi kemudian bisa anda angkat dan menyisihkannya dahulu.
6. Buat bumbu minyak olesannya, panaskan semua minyak gorengnya menggunakan api sedang dan langsung masukkan bawang putih dan ketumbar hingga bawang putih sudah terlihat menguning, angkat kemudian saring dan ambil minyaknya saja untuk bahan olesan sate nanti.
7. Ambil tusuk sate, dan isi tusuk dengan daging ayam, setiap tusuk di isi 4-5 potong saja ( bisa di sesuaikan selera ) Lakukan hingga ke semua daging habis.
8. Oleskan tusukan-tusukan sate ke dalam minyak olesan yang sudah di buat tadi kemudian bakar sate hingga matang.
9. Sajikan sate madura bersamaan dengan bumbu saus khas nya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sate Ayam Madura Enak
4.5/ 5
Oleh