Resep Cara Membuat Ayam Goreng Presto Enak

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Presto Enak
Jawa Resep, Apakah anda tahu apa itu presto? presto merupakan cara mengolah dan memasak makanan dengan cara meletakannya ke dalam panci yang sudah ada airnya kemudian di kunci rapat-rapat dan di didihkan sampai mengeluarkan uap yang bertekanan tinggi hingga keluar, hal ini akan membuat isi dalam panci menjadi empuk atau lunak ketika di makan. Presto sendiri terkenal dan familiar di daerah-daerah pantura indonesia, namun karena pesatnya perkembangan zaman banyak pengolahan makanan yang menggunakan cara presto, seperti bandeng presto, ayam presto, dagin presto maupun makanan presto lainnya. Hampir semua orang menyukai makanan yang berbau presto, karena empuk dan lunak membuat makanan tesebut mudah di makan dan lezat rasanya. Untuk membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu ribet jadi untuk kesempatan hari ini kita akan belajar dan mengolah bagaimana membuat ayam goreng presto yang enak dan empuk, bagaimana caranya? dari pada menambah rasa penasaran dan ingin tahu anda langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.


======================
Bahan Ayam Goreng Presto :
======================
1/2 kg ayam segar
1/2 liter santan
1 batang serai
2 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 cm lengkuas, di geprek
1/2 sendok makan ragi instan
minyak goreng secukupnya
===========
Bumbu Halus :

===========
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sendok makan garam halus
1/2 sendok makan ketumbar
1 cm kunyit
1 cm jahe

============================
Cara Membuat Ayam Goreng Presto :
============================
1. Cuci dan bersihkan ayam terlebih dahulu hingga benar benar bersih, sudah tak nampak darahnya lagi. Potong ayam sesuai selera dan cuci kembali.
2. Haluskan semua bumbu halus dari bawang putih hingga jahe sampai benar-benar halus dan tercampur rata.
3. Langkah berikutnya tinggal tusuk-tusuk daging ayamnya menggunakan garpu, campurkan ayam dengan ragi instan dan semua bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga tercampur rata. Diamkan selama satu jam saja.
4. Siapkan panci presto, masukkan santan lalu masukkan juga ayam yang sudah di diamkan selama satu jam.
5. Tambahkan lembaran daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan batang serai ke dalam panci presto. Tutup panci dan setelah itu didihkan atau masak menggunakan api yang besar.
6. Setelah mendidih dengan tekanan yang tinggi atau sudah muncul uapnya langsung kecilkan apinya dulu dan tutuplah bagian katupnya, masak selama 30- 45 menit saja. Angkat.
7. Panaskan minyak menggunakan api kecil, masukkan dan goreng ayam hingga berwana kecoklatan hingga matang. Setelah itu jangan lupa angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
8. Sajikan ayam presto selagi hangat.


Itulah mudahnya membuat ayam goreng presto yang enak dan empuk edisi jawa resep, mudah kan? bagaimana tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? ayam presto cocok untuk menu makan siang, sore maupun malam anda dan di sajikan bersamaan dengan acar dan sambal terasi maupun sambal bawang.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Presto Enak
4.5/ 5
Oleh