Resep Cara Membuat Risoles Sayuran Enak

Resep Cara Membuat Risoles Sayuran Enak
Jawa Resep, Risoles merupakan pastri yang isinya sayuran maupun daging cincang yang di bungkus dengand adaran lalu di goreng. Kue risoles pertama kali di indonesia ada sejak zaman penjajahan belanda dulu, kue ini di bawa belanda waktu itu di kenal dengan nama rissole namun karena lidah orang indonesia cenderung menyebutkannya risoles jadi kwe ini dinamakan risoles. Banyak sekali macam dan variasi isi dari risoles, mulai dari daing ayam, daging sapi, ikan, udang, jamur, wortel, buncis, kentang maupun bahan daging dan sayuran lainnya. Bentuk dari makanan kue ini adalah persigi panjang agak sedikit lonjong yang tentu nya rasa kue ini juga sangat enak buat cemilan. Untuk kesempatan kali ini kita akan belajar bersama bagaimana membuat kue risoles sayuran yang enak dan lezat edisi Jawa Resep. Untuk itu langsung saja persiapkan bahannya terlebih dahulu.


==================
Bahan Risoles Sayuran :
==================
125 gram tepung terigu
1/4 liter air
1/2 sendok makan garam
1 butir ayam
2 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan/cairkan
==============
Bahan Isi Risoles :
==============
1 buah jagung manis rebus, pipil
1 buah wortel ukuran besar
1 bks mie instant, yang sudah di rebus lalu tiriskan
50 gram buncis, potong kecil-kecil
===========
Bumbu Halus :
===========
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 bks kaldu sapi ( saya menggunakan royco rasa sapi )
tomat secukupya
merica secukupnya
kemiri secukupnya
garam secukupnya
pala bubuk secukupnya
gula secukupnya
==================
Bahan Untuk Pencelup :
==================
1 butir telur, kocok lepas
tepung panir secukupya

==============================
Cara Membuat Kue Risoles Sayuran :
==============================

1. Campurkan semua bahan kulit, tepung terigu, air, garam, telur dan mentega cair. Aduk-aduk hingga rata, diamkan selama 20 menit.
2. Panaskan wajan penggorengan anti lengket dan olesi dengan minyak/margarin, tuangkan sedikit adonan ( sekitar 1 centong sayur ) ke dalam wajan hingga rata dan matang lalu angkat, lakukan untuk semua adonannya. sisihkan
3. Tumis semua bumbu halus yang sudah di haluskan hingga beraroma harum. Masukkan sayurannya wortel, bunci dan jagung manis. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
4. Masukkan mie nya lalu tambahkan air secukupnya, aduk sebentar dan tambahkan garam, gula dan royco rasa sapi. Aduk terus dan masak hingga air menyusut.
5. Ambil kulit risoles yang sudha di buat tadi kemudian letakan isian risoles ke tengah kulit ( isi sesuai selera ) kemudian lipat seperti amplop ( bisa sesuaikan selera yang penting terlipat rata dan rapi ). lakukan hingga kulit dan isian habis.
6. Masukkan risoles ke dalam kocokan telur lalu gulingkans sebentar dan masukkan ke dalam tepung panir ( sesekali sambil di tekan-tekan supaya tepung sedikit menempel ke dalam kulit ).
7. Panaskan minyak banyak menggunakan api sedang, lalu goreng risoles hingga berubah warna kecoklatan dan matang.
8. Sajikan selagi hangat.


Itulah resep mudah membuat risoles sayuran yang enak dan renyah edisi jawa resep, anda dapat menyyajikannya sebagai cemilan di waktu santai bersamaan dengan cabai rawit maupun saus tomat dan saus pedas bila suka. Selamat mencobanya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Risoles Sayuran Enak
4.5/ 5
Oleh