Resep Cara Membuat Sop Konro Enak

Resep Cara Membuat Sop Konro Enak
Sup konro atau sop konro adalah salah satu hidangan tradisional khas indonesia yang lebih tepatnya asli makassar dan bugis seperti halnya resep kue bugis ketan hitam enak dan mudah. pada umumnya sup konro berbahan dasar dari iga sapi dan di masak menggunakan buah kluwek juga agar warna kuahnya menjadi pekat kecoklatan layaknya resep rawon daging surabaya. rasa kuah yang segar asam manis membuat semua orang menyukainya terutama yang suka dengan iga sapi tak boleh melewatkan menu makanan yang enak ini. selain menggunakan iga sapi sebenarnya sup konro juga dapat di padukan dengan daging sapi yang lembut dan empuk, namun pembahasan kita hari ini yang akan di pelajari bersama adalah bagaimana mudahnya buat sop konro sendiri di rumah.

Ada sup ada pula cara mengolah iga sapi dengan cara di bakar seperti resep iga sapi bakar, namun menurut saya pribadi rasanya jauh lebih enak sup apalagi di musim penghujan gini rasanya tambah nikmat bila di hidangkan di waktu musim dingin karena dapat memberikan sebuah kesegaran pada tubuh anda. Walaupun sop konro prosesnya sedikit panjang namun semua akan terbayar akan kelezatan dan kesegaran sup ini. dan menemukan semua bahannya saya kira juga mudah, di semua swalayan dan pasar tradisional di indonesia pasti ada, karena bahan-bahannya hanya seperti iga sapi, kaldunya, jahe, kayu manis, cengkih,kluwek, bawang dan baha rempah-rempah lainnya yang sudah familiar dan pastiya wajib ada di dapur anda untuk membuat menu sehari-hari. dari pada penasaran yuk kita coba langsung.


================
Bahan Sop Konro :
================
1 liter kaldu sapi
1/2 kg iga sapi
1 butir cengkeh
1 sendok makan air asam jawa
1 cm kayu manis
1 cm jahe
1 cm lengkuas 2 butir kapulaga
2 batang daun bawang, iris tipis
2 sendok makan minyak goreng
bawang goreng secukupnya
============
Bumbu Halus :

============
1 buah kluwak
1 cm kunyit
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 butir kemiri
2 sendok makan kelapa sangrai
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan ketumbar
1/4 sendok teh garam
1/4 sendo makan jinten

=====================
Cara Membuat Sop Konro :
=====================
1. Pertama-tama masukkan air kaldu ke dalam panci lalu rebus kaldu sapinya sampai mendidih menggunakan api kecil saja.
2. Masukkan iga sapi kemudian rebus sampai lunak sambil di aduk-aduk setelah tercampur rata dan matang dengan kaldunya bisa di angkat.
3. Haluskan semua bumbu halusnya kemudian tumis sebentar dan masukkan juga kayu manis, jahe beserta lengkuas, cengkeh dan kapulaganya. tumis sampai berbau wangi harum bisa anda angkat.
4. Setelah itu masukkan bumbu tumisan yang sudah matang tadi ke dalam air rebusan iga sapi tadi, aduk-aduk hingga benar-benar semua nya tercampur rata.
5. Didihkan kembali sebentar saja kurang lebih 5-7 menit sampai matang sebelumnya tambahkan juga air asam jawa sambil di aduk ke dalam rebusan.
6. Setelah matang bisa di sajikan di dalam mangkuk dan di beri dengan sedikit ikiran daun bawang beserta bawang goreng di atasnya.
7. Hidangkan sup selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sop Konro Enak
4.5/ 5
Oleh