Resep Cara Membuat Megono Pekalongan Enak

Resep Cara Membuat Megono Pekalongan Enak
Megono merupakan salah satu menu makanan tradisional orang indonesia dan mudah di temukan di daerah pantura dan sekitarnya. masakan yang satu ini berasal dari daerah pekalongan indonesia, megono sendiri biasanya di hidangkan dengan nasi putih hangat dan banyak sekalii penjual nasi megono baik warung-warung sepanjang jalan maupun hingga lesehan juga ada penjual nasi megono. mudah sekali menemukan megono di daerah pekalongan, batang dan sekitarnya karena rasanya yang enak megono juga sudah cepat menyebar di seluruh nusantara di jakarta sendiri juga sudah ada penjual nasi mengono khas pekalongan yang biasanya di hidangkan bersamaan dengan resep tempe mendoan yang paling enak.

Megono berbahan dasar buah nangka dan parutan kelapa yang di padukan dan campur dengan bumbu-bumbu lainnya yang tentunya membuat cita rasa menjadi enak. hampir setiap penjual atau warung makan sederhana menyediakan menu yang satu ini karena rasanya yang sangat familiar dengan lidah orang indonesia dan harganya yang sangat familiar membuat megono di sukai dan menjadi hidangan yang wajib. selain megono yang sudah hingga seluruh indonesia adalah resep garang asem nya yang lebih berkarakter dan berkuah pekat. di daerah pekalongan selain di hidangkan dengan tempe mendoan biasanya megono juga di hidangkan bersamaan dengan telur bacem.


======================
Bahan Megono Pekalongan :
======================
1/2 nangka muda, potong kecil-kecil (sekecil mungkin/di buat cacahan kecil)
1/2 butir kelapa, ambil parutan kelapanya saja
1 batang daun serai, geprek
3 buah cabai merah besar, iris kecil juga
2 ruas laos, geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
daun melinjo secukupnya, bila ada 
==============
Bumbu Halus :
==============
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1/2 sendok makan terasi udang
1/2 sendok makan ketumbar
2 butir kemiri
2 ruas kencur
gula pasir secukupnya
garam secukupnya

=============================
Cara Membuat Megono Pekalongan :
=============================
1. Pertama-tama haluskan terlebih dahulu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar dan kencur, ketika sudah halus tambahkan terasi udang, gula pasir dan garam secukupnya. haluskan lagi sampai semua tercampur rata.
2. Siapkan wadah atau kukusan, letakan cacahan nagka muda, kelapa parutnya lalu letakan juga serai, cabai merah, laos, daun salam, daun jeruk dan melinjo di atasnya.
3. Selanjutnya tinggal di kukus sampai matang kurang lebih selama 30 menit saja. setelah kukusan matang dan masih hangat letakan di wadah atau semacamnya.
4. Campurkan semua bahan menjadi satu bisa di aduk menggunakan sendok besar/spatula ataupun semacamnya, aduk dan campurkan ketika baru di angkat dari kukusan atau masih hangat.
5. Hidangkan bersamaan nasi putih hangat dan menu makanan lainnya agar lebih sedap.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Megono Pekalongan Enak
4.5/ 5
Oleh