Resep Cara Membuat Wingko Babat Enak Mudah

Resep Cara Membuat Wingko Babat Enak Mudah
Siapa sih yang tak kenal dengan makanan ringan yang satu ini? wingko babat adalah salah satu menu tradisional indonesia yang sudah ada sejak dulu dan sampai sekarang wingko babat juga banyak di jadikan oleh-oleh di daerah pantura sendiri banyak sekali oleh-oleh wingko babat. asal usul wingko babat sendiri berasal dari kota semarang jawa tengah. di semarang sangat banyak sekali penjual baik dari toko kue, oleh-oleh di terminal bus ataupun lainnya pasti banyak yang menjual wingko babat siap saji yang tentunya rasanya begitu lembut, enak dan gurih. bentuknya yang mini hampir yang berukuran hampir sama dengan resep kue cubit enak dan empuk membuat makanan ringan ini praktis sebagai oleh-oleh khas semarang. kalau pergi ke semarang tanpa bawa wingko babat tentunya akan berkurang keceriaan keluarga yang menunggunya di rumah..hehe.

Ternyata buat menu kue wingko babat sendiri tak sesulit bayangan anda hanya menggunakan bahand asar seperti tepung ketan dan kelapa yang di padukan dengan bahan-bahan lainnya membuat rasa wingko menjadi enak. semarang memang terkenal akan kuliner yang berkarakter tinggi dan sudah terkenal hingga seluruh penjuru nusantara baik dari resep cara buat kue bakpia enak dan resep lumpia goreng semarang enak dan renyah. dan yang akan kita pelajari ini juga tak kalah populernya dengan menu semarang lainnya oleh-oleh wingko babat juga dapat bertahan lama sekitar 1 minggu lebih jadi jika membuat sendiri pun juga demikian apalagi jika di simpan di wadah kedap udara atapun lemari pendingin akan menambah kue ini jadi lezat. penasaran bagaimana buatnya, yuk di coba bersama.


=================
Bahan Wingko Babat :
=================
1/4 kg tepung ketan
1/4 kg gula pasir
1/4 kg kelapa, parut
100 ml santan kental
1/2 sendok makan mentega, lelehkan/cairkan
1/2 sendok makan tepung kanji
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

========================
Cara Membuat Wingko Babat :
========================
1. Caranya cukup mudah rebus santan beserta gula pasir, garam dan daun pandan nya. biarkan mendidih dan mengental menggunakan api kecil saja.
2. Menunggu mendidih anda bisa mencampurkan dulu tepung ketan dan tepung kanjinya juga, aduk dan ayak rata.
3. Masukkan mentega yang telah di lelehkan dan kelapa parut. aduk-aduk merata.
4. Setelah campuran santan mendidih bisa langsung di angkat dan tuangkan ke dalam adonan tepung dikit demi sedikit sambil di aduk rata hingga kalis.
5. Panaskan teflon wajan anti lengket olesi dengan sediit minyak. tuangkan dua sendok makan adonan di atas wajan kemudian bentuk dan bulatkan biarkan hingga bagian bawah matang kecoklatan.
6. Kemudian jangan lupa untuk membaliknya dan masak sampai kecoklatan juga/matang. lakukan ke semua adonannya.
7. Setelah matang bisa di dinginkan sebentar dan langsung di sajikan bersama keluarga di rumah ataupun bisa di bungkus dengan kertas roti jika ingin kue wingko babatnya untuk di jual.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Wingko Babat Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh