Resep Cara Membuat Kue Bakpia Enak

Resep Cara Membuat Kue Bakpia Enak
Kue Pia atau yang lebih di kenal orang-orang dengan sebutan bakpia merupakan salah satu kue enak dan populer di indonesia, bakpia sendiri adalah masakan tradisional dari china yang aslinya terbuat dari adonan kue dan isiannya berasal dari daging babi seperti halnya resep cara membuat kue bakpao lembut dan empuk, karena pertama kali kue bakpia ini masuk ke indonesia melalui perdagangan dan indonesia sangat identik dan mendominasi warganya muslim isian yang sebelumnya menggunakan daging babi di ganti dengan kacang hijau. bakpia berbeda dengan resep cara membuat lumpia semarang yang enak, kalau bakpia adalah sejenis kue sedangkan untuk lumpia termasuk gorengan.

Pesatnya perkembangan zaman banyak sekali yang mengembangkan variasi isi bakpia ini mulai dari coklat, keju, kopi bahkan isian lainnya yang sangat enak. sekarang ini banyak sekali penjual bakpia yang mudah di temukan di daerah jogja dan sekitarnya terutama jawa, sampai-sampai kue pia yang satu ini biasa di jadikan oleh-oleh  atau buah tangan anda. cara buat kue bakpia tak sesulit yang anda bayangkan apalagi yang sudah pernah mencoba resep cara membuat onde-onde kacang hijau yang enak dan simple tenang saja walaupun bahannya sedikit banyak dan prosesnya agak panjang namun semua itu akan terbayar ketika kue masuk mulut anda.

================
Bahan Kue Bakpia :
================
350 gram tepung terigu
200 ml air matang
75 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
100 ml minyak goreng
100 ml minyak goreng untuk rendaman
=========
Bahan Isi :
=========
50 gram dark cooking chocolate/coklat masak
50 gram gula pasir
50 gram tepung terigu
10 gram coklat bubuk
1/4 sendok makan mentega
air secukupnya sekitar 15-20 ml saja
=============
Bahan Lapisan :
=============
100 gram tepung terigu
1 sendok teh mentega
minyak goreng secukupnya

======================
Cara Membuat Kue Bakpia :
======================
1. Pertama-tama buat bagian luar atau kulitnya dulu, masak gula beserta setengah bahan airnya (100ml air) mengunakan api kecil saja sampai gula larut. angkat dan diamkan selama 3 menit.
2. Campurkan tepung terigu dan garam kemudian tambahkan sisa air matangnya (100ml) aduk rata. tuangkan minyak beserta air gula yang telah di masak tadi ke dalam adonan. uleni sampai kalis dan merata.
3. Bagi adonan nya menjadi beberapa bagian kemudian sisihkan terlebih dahulu dan buat isian kue bakpia dulu.
4. Campurkan bahan isian air, gulla, coklat masak dan mentega menjadi satu, masak sampai mendidih dan tambahkan coklat bubuk beserta tepung ke dalam didihannya. aduk merata sampai kalis dan kemudian bulatkan kecil sesuai selera.
5. Buat bahan lapisan cukup mudah, campurkan tepung terigu, mentega dan minyak goreng sedikit sekitar 50 ml saja. campur rata.
6. Ambil sedikit adonan kulit yang telah di bagi-bagi, ambil satu adonannya dan olesi dengan bahan lapisan tadi, bentuk dan lipat seperti amlop kemudian bulatkan.
7. Rendam adonan yang sudah di lipat kedalam minyak goreng selama 10 menit. kemudian angkat dan ppihkan.
8. Selanjutnya tinggal beri isian sesuai selera. bulatkan sampai rapi dan tertutup agar tak terbuka saat di panggang. lakukan hingga semua adonan dan isian habis.
9. Panggang kue bak pia di atas pengorengan anti lengket hingga bewarna kecoklatan, jika sudah nampak kecoklatan matang bisa anda balik dan matangkan sisi lain nya agar matangnya merata.
10. Dinginkan sebentar saja baru hidangkan. atau bisa di simpan beberapa hari di wadah keap udara.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.37.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Bakpia Enak
4.5/ 5
Oleh