Resep Cara Membuat Acar Kuning Enak

Sayur acar kuning adalah salah satu menu sayuran yang berupa aneka macam sayuran yang umumnya menggunakan sayur wortel, mentimun dan tomat dan di sajikan dengan perpaduan bumbu yang sesuai da menghasilkan cita rasa yang begitu enak. Sayur acar kuning tergolong ke dalam menu masakan sayuran yang paling populer di indonesia, walaupun kecenderungan anak-anak tak suka makan yang berbau sayur namun kalau santapan acar kuning sayur ini pasti pada suka rasa nya yang enak dan segar membuat semua orang ketagihan dan ingin memakannya terus. selain enak kandungan sayur acar kuning juga sangat baik untuk kesehatan tubuh apalagi bila di konsumsi secara rutin dan teratur karena menu dan hidangan ini juga dapat di jadikan menu masakan utama maupun pelengkap makanan di siang hari maupun menu makan makan malam bersama keluarga di rumah. sebenarnya memang mudah sekali untuk mendapatkan acar kuning karena hampir setiap warung makan pinggir jalan baik warteg, warung makan padang hingga resto ternama pasti menyediakan nya, karena sayur acar kuning ini terbilang menu yang wajib ada.

Untuk membuat acar kuning sangatlah mudah dan praktis, walaupun kebanyakan orang lebih memilih membelinya sebenarnya kalau buat sendiri cukup sederhana proses nya tak butuh waktu lama selain itu juga sangat cocok untuk hidangan sarapan sehat di pagi hari. Sebelum nya jawa resep terlah berbagi aneka resep-resep spesial yang mudah tuk di buat mulai dari resep martabak manis, resep omelet mie dan juga resep donat kentang. nah bagaimana kalau kesempatan hari ini buat jenis masakan sehat sayuran acar kuning? tenang saja seperti resep-resep sebelumnya yang akan kita bagikan lebih simple dan sederhana agar mudah untuk di praktekan di dapur semua orang. resep sayur acar kuning setiap daerah memang berbeda-beda nah yang akan kita bagikan kali ini lebih spesial dan komplit tentunya akan terasa enak bila di sandingkan dengan menu-menu utama seperti ayam goreng, masakan berupa telur dan aneka jenis masakan-masakan lainnya yang patut tuk di makan bersamaan dengan acar kuning. cara membuat sayur acar kuning tak sesulit bayangan anda, walaupun kebanyakan orang bilang sulit dan cenderung suka beli ketimbang buat sendiri nah mulai sekarang anda mulai dapat buat sayur acar kuning di rumah.

Resep Cara Membuat Acar Kuning Enak
Resep acar kuning

==================
Bahan Acar Kuning :
==================
2 buah wortel ukuran sedang
2 buah tomat hijau
2 buah mentimun
175 ml air matang 
2 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
6 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 butir kemiri
5 cm jahe
3 cm kunyit
2 siung bawang bombay
2 potong asam kandis
8 lembar daun jeruk
2 batang daun serai
3 lembar daun salam
7 sendok makan minyak goreng
1/2 sendok makan merica bubuk
1/4 sendok teh garam

========================
Cara Membuat Acar Kuning :
========================
1. Langkah pertama kali seperti biasa cukup di cuci dahulu sayuran dan bumbunya hingga bersih kemudian kupas wortel dan potong seukuran korek api.
2. Untuk mentimunnya buang biji dan iris juga seperti wortel, sedangkan untuk bumbunya haluskan dahulu bawang putih, merah, kemiri bersamaan dengan kunyit dan juga jahe.
3. Sedangkan untuk bawang bombay, tomat ijo dan juga cabai cukup di iris saja. kemudian panaskan minyak dengan api sedang.
4. Tumis pertama bawang bombaynya dahulu kemudian masukkan bumbu yang telah di haluskan baru tambahkan irisan cabai dan juga daun salam, serai serta daun jeruk secara bergantian.
5. Setelah di aduk dan tercampur rata bumbunya masukkan wortel yang telah di iris tumis setengah matang lalu tuangkan air matang ke dalamnya biarkan sampai mendidih.
6. Tambahkan irisan mentimun ketika sudah mendidih. masukkan pula tomat, garam, asam kandis dan juga merica, aduk campur lalu di koreksi rasanya.
7. Setelah di aduk dan tercampur rata masak hingga kuahnya setengah kering dan mengental lalu bisa matikan kompornya.
8. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.19.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Acar Kuning Enak
4.5/ 5
Oleh