Resep Cara Membuat Tuna Asam Manis Enak

Tuna asam manis adalah menu seafood yang tentunya varian dari berbagai macam olahan-olahan makanan yang di masak menggunakan bumbu asam manis. memang beberapa waktu lalu juga telah di bahas aneka jenis masakan-masakan seafood karena memang aneka menu yang berupa ikan cocok sekali di buat bumbu asam manis termasuk juga tuna asam manis, yang paling populer di indonesia adalah resep cumi asam manis, udang asam manis adapun jenis-jenis lainnya seperti gurame maupun ikan patin asam manis. terkadang tak cuma tuna asam manis saja bisa di tambahkan selera pedas ke dalam menu spesial tersebut. walaupun memang sekarang sedikit susah menemukan penjual ikan tuna asam manis tak perlu khawatir selain harganya relatif mahal kan lebih baik kalau Anda bisa membuat tuna asam manis sendiri di dapur. tak hanya itu saja buatan sendiri dengan resep yang akan di bagikan jawaresep kali ini sungguh spesial dan enak lezar tentunya juga terasa segar. untuk membuat yang nampak baik tentunya tak sesulit yang Anda bayangkan kok, sebenarnya buat hidangan tuna asam manis sangat mudah.

Untuk membuat tuna asam manis sangatlah praktis dan mudah sekali, dari segi bahan apalagi kalau Anda sudah pernah mencoba menu-menu jawa resep sebelumnya seperti udang maupun cumi asam manis pastinya buat kuliner yang satu ini terbilang mudah banget. Di lihat dari segi bahan memang hampir sama yang mencolok hanya pada jenis bahan dasar ikan tuna nya saja. Sebelumnya ada macam-macam variasi menu masakan yang enak dan lezat seperti resep ayam balado, resep pancake hingga resep risoles juga ada, nah kali ini mencoba sensasi yang berbeda dan menarik yaitu tuna asam manis yang enak dan sederhana. menu sajian ini cocok diperuntukan untuk makan siang maupun sore anda bersama keluarga di rumah. berbahan dasar seperti bumbu asam manis pada umumnya namun kali ini agar rasanya nampak lebih terasa lezat kita akan menggunakan tepung ayam goreng kentucky sasa yang rasanya membuat cita rasa tuna asam manis jauh lebih enak ketimbang masakan lainnya, tak percaya? bagaimana kalau silahkan anda simak saja di bawah ini dan langsung praktekan yuk.

Resep Cara Membuat Tuna Asam Manis Enak
Resep tuna asam manis

====================
Bahan Tuna Asam Manis :
====================
1000 gram daging tuna fillet
1000 ml air matang
2 bungkus tepung ayam goreng, saya pakai tpg ayam goreng kentuky sasa
2 sendok makan mentega
15 buah cabai merah keriting
10 siung bawang putih
3 siung bawang bombay
5 lembar daun jeruk
2 sendok makan larutan air dan tepung maizena
perasan air jeruk nipis 
kaldu bubuk secukupnya
saus sambal dan saus tomat secukupnya
merica bubuk secukupnya
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya
cuka bila perlu

===========================
Cara Membuat Tuna Asam Manis :
===========================
1. Pertama potong kecil-kecil ikan tunanya lalu di cuci dan lumuri dengan air jeruk nipis dan juga beri cuka sedikit, diamkan selama 15 menit saja.
2. Menunggu itu bisa iris dahulu bawang putih, bombay dan juga cabai keritingnya. lalu bisa di sisihkan dahulu.
3. Langkah berikutnya buang air rendaman pada ikannya kemudian lumuri ikan tuna dengan tepung bumbu sasa.
4. Goreng ikan menggunakan banyak minyak hingga hampir matang bewarna kecoklatan, gunakan api sedang saja. Setelah matang bisa di iris-iris lagi daging ikannya.
5. Tumis bumbu yang telah di iris tadi hingga beraroma wangi dan nampak layu. Tuangkan air matang beri bumbu kaldu dan juga saus tomat dan sambal seperlunya.
6. Tambahkan bumbu garam, gula dan beri lagi dengan air cuka serta perasan air jeruk nipis sambil di aduk-aduk terus hingga mendidih.
7. Masukkan mentega ke dalam kuah asam manis tersebut biarkan tercampur rata lalu koreksi rasanya, beri juga tambahan larutan tepung maizena sambil di aduk terus hingga rata.
8. Terakhir tinggal masukkan ikan tuna yang telah di goreng tadi ke dalam tumisan bumbu asam manis. Masak hingga mengental kuah-kuahnya.
9. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tuna Asam Manis Enak
4.5/ 5
Oleh