Resep Cara Membuat Brownies Pisang Ketan Hitam Enak

Resep Cara Membuat Brownies Pisang Ketan Hitam Enak
Jawa Resep, Brownies adalah penganan yang sangat di sukai oleh banyak kalangan baik anak-anak kecil maupun orang dewasa dan tua juga suka menyukai penganan kue lembut ini. Brownies banyak sekali macam dan variasi dalam cara mengolah dan membuatnya, seperti yang satu ini kita akan belajar cara membuat brownies ketan hitam yang enak dan spesial edisi Jawa Resep. Beberapa hari lalu kita telah membahas resep sate ayam enak, resep mie kuah enak dan juga resep sambal bawang pedas enak.

Brownies pisang ketan hitam merupakan perpaduan kue brownies yang berbahan dasar tepung terigu namun untuk resep ini di ganti menggunakan tepung ketan hitam, gula, coklat dengan perpaduan pisang yang di padukan dengan bahan lainnya kemudian di panggang sampai matang. Untuk membuat brownies yang enak dan lembut cukup mudah dan proses membuat kue brownies kali ini cukup simple dan cepat karena saya sendiri mencobanya juga tak lewat dari 45 menitan saja. Untuk itu langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya.

================================
Bahan Kue Brownies Pisang Ketan Hitam :
================================
125 tepung ketan hitam
2 butir telur ayam
125 gram gula pasir
250 gram pisang, pisang apa saja ok saya menggunakan pisang kepok
150 gram dark chocolate / coklat gelam batangan
25 gram coklat gelap bubuk
2 sendok makan mentega
1/2 sendok makan baking powder
keju cheddar parut secukupnya
garam halus secukupnya
chocochips secukupnya

===================================
Cara Membuat Brownies Pisang Ketan Hitam :
===================================
1. Pertama-tama hancurkan pisang nya bisa menggunakan garpu dan cincang kasar coklat batangannya.
2. Selanjutnya siapkan dua buah loyang ukuran 20 x 10cm, olesi keduanya dengan mentega sebelumnya pastikan sudah di alasi dengan kertas roti. Kemduian sisihkan terlebih dahulu.
3. Panaskan oven bersuhu tinggi sekitar 200 derajat celcius gunakanlah api yang bawah.
4. Siapkan wadah ukuran besar yang tahan panas, lelehkan coklat batangan dengan teknik ditim.
5. Masukkan mentega dan aduk-aduk hingga benar-benar rata. Setelah itu angkat dan matikan apinya.
7. Tambahkan gula pasir aduk-aduk rata menggunakan kocokan tangan / hand whisk. Setelah itu baru masukkan telur dan pisang yang sudah halus. Aduk-aduk kembali hingga merata.
8. Selanjutnya tambahkan tepung ketan hitam, garam, bakin powder, coklat bubuk ke dalam campuran adonan tersebut sambil di ayak dan aduk hingga rata.
9. Langkah berikutnya tuangkan adonan ke dalam loyang, tambahkan keju cheddar dan chochocips di atas adonan sebagai taburan.
10. Masukkan ke dalam oven rak yang atas ya, panggang brownies hingga matang atau biasanya sekitar 20 menitan saja ( anda bisa tes dengan menusuk brownies dengan tusuk lidi, namun apabila ada lelehkan colat yang menempel biarkan saja dan langsung keluarkan dari ovennya )
11. Dinginkan sebentar dan brownies pisang ketan hitam siap di sajikan.

Inilah resep mudah dan enak dalam membuat brownies pisang ketan hitam, selamat mencobanya di rumah, jangan lupa untuk baca-baca dan mencoba resep lainnya ya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 10.37.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Brownies Pisang Ketan Hitam Enak
4.5/ 5
Oleh