Resep Cara Membuat Martabak Manis Sederhana

Resep Cara Membuat Martabak Manis Sederhana
Kue terang bulan atau yang lebih di kenal masyarakat merupakan jajanan yang enak dan disukai semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut beberapa orang kue martabak manis terkenal berasal dari semarang di bawa oleh pedagang dari bangka belitung yang menetap di kota semarang akhirnya kue ini menyebar ke seluruh penjuru jawa hingga nusantara. di beberapa kota besar terkadang menyebut kue martabak manis adalah kue terang bulan, kenapa demikian? karena bentuk kue yang satu ini hampir mirip dengan bulan sabit yang terang, apapun namanya di daerah anda rasanya tetap satu enak banget.

Umumnya membuat martabak manis agak ribet, namun kita akan membuatnya lebih mudah, sederhana dan simple banget seperti resep sebelumnya juga ada resep martabak manis spesial. untuk bahannya tetap seperti biasa campuran tepung, telu, gula dengan tambahan meses dan bahan lainnya kemudian di matangkan dengan menggunakan teflon. Untuk hari ini kita akan belajar bersama mengolah dan membuat martabak manis yang sederhana edisi jawa resep masakan online, yuk disimak bersama.


===================
Bahan Martabak Manis :
===================
125 gram tepung terigu
200 ml air hangat
2 sendok makan gula semut/gula kristal
1 butir telur ayam
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan soda kue
1/2 sendok makan ragi instant
==============
Bahan Pelengkap :
==============
Meises, merk bebas, secukupnya
keju cheddar/keju parut, secukupnya
margarin, secukupnya
gula pasir, secukupnya
susu coklat kental manis, secukupnya

=========================
Cara Membuat Martabak Manis :
=========================
1. Langkah pertama yaitu siapkan wadah dan campurkan tepung terigu yang sudah di ayak, garam dan ragi menjadi satu. aduk hingga merata.
2. Siapkan wadah ukuran besar/sedang dan kocok rata antara telur dan garam menjadi satu dan rata.
3. Masukkan adonan tepung ke dalam adonan telur dikit demi sedikit sambil di aduk-aduk terus hingga rata.
4. Tuangkan susu coklat kental manis kedalam adonan dan tambahkan air dikit demi sedikit ke dalamnya juga, aduk pelan hingga mengental. Diamkan adonan tertutup menggunakan serbet maupun penutup plastik selama 10 menit.
5. Masukkan soda kue ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi kemudian panaskan teflon / penggorengan anti lengket nya menggunakan api kecil yang sebelumnya sudah di olesi dengan margarin.
6. Tuangkan adonan ke teflon, ratakan hingga ke pinggiran teflonnya tekan-tekan adonan, setelah terlihat ada permukaan yang berlubang kecil-kecil taburkan gula pasir kemudian tutup hingga matang.
7. Ketika masih panas angkat dan olesi dengan banyak margarin lalu taburi dengan keju, meses. tutup dan potong kue martabak manis sesuai selera.
8. Sajikan.

===========
Keterangan :
===========
- Untuk pemberian topping bisa saat ketika di masak di atas teflon, namun kalau saya lebih suka ketika sudah matang dan masih panas menaburi topping nya.
- Sebelum memberi topping anda bisa memotongnya terlebih dahulu, pisahkan antara rasa meses coklat dan rasa keju. jadi anda memiliki dua rasa berbeda yang dapat anda nikmati bersama.

Bagaimana mudah banget kan? sudah tertarik untuk membuatnya? selamat mencobanya ya..Jangan lupa coba dan baca juga resep ayam penyet.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.59.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Martabak Manis Sederhana
4.5/ 5
Oleh