Resep Cara Membuat Mie Ayam Enak

Resep Cara Membuat Mie Ayam Enak
Bakmi atau di indonesia lebih populer dengan sebutan mie ayam merupakan olahan mie kuning yang di rebus kemudian di beri bumbu khas nya beserta sayur-sayuran dan potongan daging ayam. banyak sekali variasi unik dan lezat pada mie ayam, ada yang pakai bakso, ada yang pakai jamur adapula yang pakai pangsit dan lainnya. anda sangat mudah menemukan penjual mie ayam di warung pinggir jalan maupun pedangang keliling. selain harganya yang bersahabat tentu rasanya enak.

Menurut sejarah mie atau bak mie ini berasal dari negara tiongkok dan sudah ada di indonesia sejak dahulu kala bisa di bilang di bawa oleh para pedagang china yang berlabuh di indonesia. Sebelumnya ada resep bakso ayam, resep ayam penyet dan juga resep rendang enak yang telah kita buat secara bersama, untuk sajian hari ini buat mie tentunya akan menambah ilmu memasak anda. olahan bak mie asli dengan mie ayam sangatlah berbeda oleh sebab itu beberapa orang juga mengakui bahwa mie ayam merupakan masakan tradisional asli indonesia. ada banyak cara mengolah dan membuat mie ayam agar terasa enak dan lezat tentu tak kalah sama penjual-penjual profesional. masakan mie ayam paling terkenal dan metode pembuatan nya banyak di terapkan adalah mie ayam dari dua daerah, yaitu mie ayam asli wonogiri dan mie ayam asli bangka.


================
Bahan Mie Ayam :
================
1000 gram mie telur kuning basah
1/4 kg daging ayam tanpa tulang
150 ml air
2 sendok makan kecap manis, saya gunakan kecap bango
2 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap asin
1/4 sendok makan merica bubuk
1/4 sendok makan minyak wijen
1/2 sendok makan garam
2 siung bawang putih
3 sendok makan minyak sayur
===============
Bahan Pelengkap :
===============
150 gram sawi hijau, iris kecil-kecil (rebus bersama mie ataupun bisa rebus secara terpisah)
kaldu ayam secukupnya
daun bawang, iris tipis secukupnya
bawang goreng secukupnya

======================
Cara Membuat Mie Ayam :
======================
1. Buat tumisan ayam terlebih dahulu, potong ayam kecil-kecil / di suwir. kemudian iris bawang putih tipis-tipis lalu tumis di atas sedikit minyak gunakan api besar.
2. Masukkan potongan ayam dan minyak wijen. aduk-aduk bentar hingga ayam nampak kaku dan matang. tuangkan air ke dalam tumisan.
3. Tambahkan juga saus tiram, kecap manis bango, merica bubuk dan garam. aduk sampai merata dan masak hingga matang. ketika sudah nampak kering angkat dan sisihkan dulu.
4. Selanjut naua buat mie nya, didihkan air secukupnya saja dan rebus mie ke dalam air yang mendidih hingga matang (mie sudah terlihat mengapung ke atas permukaan air). selanjutnya langsung tiriskan.
5. Siapkan mangkuk saji beri sedikit minyak sayur dan kecap asin, masukkan mie yang baru saja di rebus / di didihkan. aduk merata
6. Berikutnya tambahkan suwiran ayam tadi yang telah di tumis, potongan sawi yang telah di rebus, dan irisan daun bawang di atasnya (anda bisa menambahkan sedikit kaldu ayam bila suka, bila tidak juga tak masalah).
7. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.41.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Mie Ayam Enak
4.5/ 5
Oleh