Resep Cara Membuat Ayam Goreng Balado Enak

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Balado Enak
Siapa sih yang kenal dengan padang, kota kuliner ini sangat banyak sekali aneka macam masakan yang berciri khas dan berkarakter tinggi tentu cepat membaus dengan lidah orang indonesia, mulai dari resep sate padang, resep rendang dagi sapi enak dan resep telur balado pedas. Nah ada yang tak kalah enaknya dengan resep padang sebelumnya yaitu resep ayam goreng balado khas padang, ayam goreng balado cenderung agak pedas seperti telur balado namun daging nya yang empuk dan enak akan membuat anda ketagihan ketika mencoba nya.

Walaupun nampak merah cerah balado ayam goreng tak terlalu pedas seperti yang anda bayangkan karena cabai yang di gunakan hanya cabai merah besar bukan cabai keriting maupun rawit jadi tenang saja bagi kalian yang kurang suka dnegan pedas tetap bisa merasakan kelezatan ayam goreng ini, untuk membuatnya pun sangat udah cukup dengan menggoreng ayam seperti biasa namun bedanya adalah bumbu balado yang khas enak, pastikan menu yang satu ini bisa anda terapkan untuk daftar menu makan yang rutin baik seminggu sekali maupun sebulan sekali yang di sajikan dan di santap bersama keluarga di rumah.


=========================
Bahan Ayam Goreng Balado :
=========================
500 gram ayam
5 siung bawang putih, geprek
7 butir bawang merah
10 butir cabai merah besar
2 buah tomat ukuran sedang saja
1 ruas jahe, geprek
garam dan micin secukupnya
air secukupnya
minyak goreng secukupnya

===============================
Cara Membuat Ayam Goreng Balado :
===============================
1. Potong dan bersihkan ayam nya dulu sampai bersih, kemudian rebus air dan letakan ayam ke dalam nya. masukkan juga garam, bawang putih dan jahe yang telah di geprek.
2. Setelah di rebus kurang lebih selama 20 menit bisa anda tiriskan dan langsung goreng ayam hingga kuning keemasan. selanjutnya sisihkan dulu.
3. Haluskan cabai merah, bawang merah dan tomat jadi satu isa gunakan ulekan maupun gunakan blender. leih di sarankan pakai bender agar bumbu baladonya tambah pas dan enak.
4. Tumis semua bumbu yang telah di haluskan dengan menggunakan sedikit minyak dan api besar, tumis dan aduk-aduk terus hingga warna nya merah, aroma telah menyengat harum dan agak mengering sekitar 5-7 menitan.
5. Tambahkan garam dan micin / penyedap rasa maupun semacamnya. masukkan ayam goreng ke dalam tumisan bumbu balado.
6. Masak hingga mengering dan jangan lupa untuk bolak-balik agar matangnya merata dan bumbu meresep dengan baik.
7. Hidangkan.

Keterangan :
- Untuk minyak menumisnya sedikit saja gunakan sekitar 3 hingga 4 sendok makan saja.
- Sedangkan untuk balado ada dua cara, yang satu dengan cara seperti di atas dan yang satunya bumbu di masak dan ayam di goreng secara terpisah kemudian di sajikan dengan cara ayam goreng di siram menggunakan bumbu baladonya. namun rasa akan lebih enak dan cocok menggunakan cara seperti di atas di jamin lezat dan yummy.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Balado Enak
4.5/ 5
Oleh