Resep Cara Membuat Rujak Bebek Enak

Resep Cara Membuat Rujak Bebek Enak
Rujak merupakan masakan tradisional asli indonesia, rasanya yang familiar untuk lidah orang indonesia membuat masakan ini menjadi salah makanan ringan terpopuler saat ini. tak hanya ada di indonesia negara tetangga seperti malaysia dan singapura juga sudah banyak penjual rujak. kalau di negara-negara eropa rujak merupakan sejenis salad yang sama-sama terbuah dari bahan dasar buah-buahan dan sayuran yang di jadikan satu.

Beberapa orang jawa terkadang juga masih banyak yang menggunakan rujak sebagai masakan untuk perayaan tujuh bulanan seseorang wanita yang sedang mengandung. Menurut orang dahulu hal tersebut di lakukan untuk menentukan anak nya baik dari anak laki-laki maupun perempuan, bila mana rujak yang di hidangkan dan di bagian ke tamu dalam perayaan tujuh blanan terasa pedas di percaya anak nya akan laki-laki namun sebaliknya juga demikian. namun percaya atau tidak perayaan tersebut masih pekat pada daerah-daerah jawa terutama jawa tengah dan jawa timur.

Selain untuk perayaan jajanan rujak terbilang praktis dan murah meriah jadi sebuah orang dapat merasakan rasa enaknya sayuran dan buah yang dipadukan dalam rujak. macam-macam rujak sendiri juga banyak ada rujak manis, rujak tahu, rujak bebek maupun rujak lain nya, yang akan kita bicarakan hari ini adalah membuat rujak bebek yang rasanya begitu enak dan sangat mudah di jumpai di daerah jabotabek lebih utama di daerah jakarta banyak sekali yang menjual rujak bebek ini.


==================
Bahan Rujak Bebek :
==================
150 gram mangga muda
150 gram bengkuang
150 gram pisang batu
150 gram ubi jalar
150 gram kedondong
4 buah cabai merah keriting
1/2 sendok makan terasi udang
75 gram gula jawa, sisir tipis halus
1/4 sendok teh air asam jawa
1/4 sendok teh garam
daun pisang untuk alas biar tambah sedap

===========================
Cara Membuat Rujak Bebek :
===========================
1. Pertama pilih buah yang segar dulu dan bersihkan kemudian kupas kulitnya.
2. Potong mangga muda kecil-kecil menjadi beberapa bagian, potong bengkuang, pisang batu, ubi jalar, buah kedondong nya juga kecil-kecil. sisihkan.
3. Selanjutnya potong kecil kecil cabai keriting selanjutnya jadikan satu cabai, terasi, gula jawa, air asam jawa dan garam, berikutnya haluskan hingga rata menggunakan tumbukan.
4. Ambil mangga muda dan bengkuang tumbbuk kasar menggunakan tumbukan juga. masukkan bumbu cabai tadi yang telah halus ke dalam tumbukan nya.
5. Masukkan pisang batu, ubi jalar dan buah kedondong nya ke dalam tumbukan. tumbuk secara kasar semua bahan agar tercampur rata menjadi satu bagian rujak.
6. Ambil hasil tumbukan rujak dan sajikan ke dalam piring maupung wadah saji.
7. Hidangkan di atas piring yang telah di alasi dengan daun pisang yang bersih.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Rujak Bebek Enak
4.5/ 5
Oleh