Resep Cara Membuat Bika Ambon Sederhana

Resep Cara Membuat Bika Ambon Sederhana
Bika ambon merupakan penganan khas indonesia yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu, telur, gula beserta santan yang di padukan menjadi satu dan mematangkan nya dengan cara di panggang maupun adapula yang di kukus. pesatnya perkembangan bika ambon banyak sekali aneka macam variasinya ada yang rasa pandan, durian, keju bahkan rasa coklat juga ada. jika anda ke kota medan tentu wajib mencoba dan membawa oleh-oleh kuliner yang satu ini. anda dapat mudah menekannya di penjual pika ambon di kota medan, karena rasanya yang enak kue ini juga banyak di jual di daerah jawa terutama jawa tengah dan jawa timur rasanya pun sedikit berbeda dna berkarakter namun tetap sama-sama enak.

Bentuk kue ini seperti ada yang berbentuk kotak maupun cup seperti resep kue cubit enak. semuanya sama-sama ada lubang layaknya rumah lebah ata di kenal dengan sarang tawon walaupun nampak sedikit seram namun kelembutan kue ini akan membuat anda lapar ketika melihatnya. dan apabila anda sedang mecari resep bika ambon khas dan asli medan tentu  sangatlah tepat membaca artikel yang satu ini akrena jawa resep masakan online akan berbagai cara mudahnya membuat bika ambon sendiri dengan sederhana dan praktis tentu rasanya tak akan jauh berbeda dengan penjual bika ambon ternama di kota medan. tak percaya? yuk kita langsung mencoba nya saja.


==================
Bahan Bika Ambon :
==================
1/4 kg tepung sagu tani
1/4 kg gula pasir
300 ml santan kental
10 butir telur ayam, gunakan kuning telurnya saja
10 lembar daun jeruk
1 sendok makan ragi instant, saya gunakan yeast
1 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan gula pasir
3 sendok makan air matang hangat
2 lembar serai
2 lembar daun pandan
mentega secukupnya

========================
Cara Membuat Bika Ambon :
========================
1. Siapkan waah dan campurkan tepung terigu, air hangat, satu sendok makan gula pasir dan ragi menjadi satu dan tercampur rata kemudian sisihkan.
2. Terlebih dahulu untuk merebus santan nya, tambahkan serai, daun jeruk dan daun padang ke dalam rebusan santan. aduk dan masak hingga mendidih. setelah mendidih dan tercampur bisa dinginkan sebentar.
3. Siapkan wadah besar dan kocok semua kuning telur dan semua gula hingga halus. masukkan adonan/campuran tepung terigu, dan campuran satan ke dalam wadah besar.
4. Tambahkan tepung sagu dikit demi sedikit sambil dia duk sampai rata dan saring kemudian diamkan selama 1 jam saja (tutupi dengan plastik maupuns semacamnya).
5. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi dengan mentega. panggang menggunaan api yang bawah sampai mengering dan nyalakan api atas sampai matang.
6. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Bika Ambon Sederhana
4.5/ 5
Oleh