Resep Cara Membuat Nasi Kuning Enak

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Enak
Nasi kuning bisa terbilang sudah populer di masyarakat indonesia,resepnya nya simple hanya berbahan dasar utama dari beras seperti layaknya nasi putih biasa kemudian di masak menggunakan bumbu rempah-rempah asli indonesia seperti kunyit dan lain nya berserta santan yang di padukan menjadu satu hal tersebut akan membuat rasa nasi kuning menjadi enak, lezat dan gurih ketimbang nasi putih. umum nya masakan yang satu ini biasa di gunakan untuk acara-acaa slametan atau syukuran seperti kelahiran anak, tuangan, pernikahan, sunatan, acara tradisinonal maupun lain nya yang cara penyajiannya unik yaitu berbentuk lancip seperti layaknya gunung yang berlambang kemakmuran yang biasa di sebut sebagai nasi tumpeng.

Selain untuk perayaan nasi kuning sangatlah mudah di temukan, di alun-alun kota saya setiap pagi juga banyak penjual nasi kuning harganya yang relatif murah dan tak menguras kocek anda tentu membuat  banyak orang menyukai nya. nasi kuning biasa nya di sajikan bersama lauk pauk yang khas seperti menambahkan  resep telur dadar enak dan resep perkedel kentang enak yang di sajikan bersamaan dengan nasi kuning serta di taburi dengan abon yang membuatnya bisa anda lihat di cara membuat abon ayam. untuk membuat sendiri tentu akan mudah dan murah meriah ketimbang membeli nya, apa saja rahaia resep yang satu ini agar enak dan gurih, silahkan di simak.


=================
Bahan Nasi Kuning :
=================
1/2 kg beras
100 ml santan kental
5 batang serai
2 lembar daun salam
2 buah cengkeh
air secukupnya
minyak secukupnya
============
Bumbu Halus :
============
3 cm kunyit
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 buah kemiri

========================
Cara Membuat Nasi Kuning :
========================
1. Pertama-tama haluskan dahulu bumbu halus hingga semua bahan nya dari kunyi, bawang, dan kemiri halus dan tercampur rata.
2. Tumis bumbu halus sebentar saja hingga tercium bau wangi, tuangkan santan kental kedalam tumisan. aduk-aduk terus dan masak hingga mendidih.
3. Langkah berikutnya tinggal memasukkan santan yang sudah tercampur dengan bumbu ke dalam beras( saring saja untuk mengambil air tanpa ampas nya).
4. Kemudian tambahkan cengkeh, daun salam dan serai/sereh. aduk-aduk rata. Masukkan air sebanyak menutupi beras nya, kira-kira ketinggian air satu ujung jari dari ketinggian beras.
5. Masak hingga air menyusut dan meniris, jangan lupa untuk mengaduknya hingga ke dasar agar tak berkerak.
6. Kukus nasi selama hingga matang sekitar 10 hingga 15 menit saja. angkat nasi kuning nya.
7. Sajikan bersamaan dengan pelengkap seperti telur dadar, abon, tempe dan perkedel kentang serta daging maupun lain nya.

Tertarik untuk mencoba nya? jika anda mempunyai rice cooker bisa gunakan juga untuk membuat nasi kuning agar lebih praktis, namun jika tak punya bisa lakukan dengan cara di atas. untuk pelengkapnya bisa dis esuaikan namun pada umum nya ya seperti yang telah kita bahas tadi. selamat mencobanya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Nasi Kuning Enak
4.5/ 5
Oleh