Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Warna-Warni

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Warna-Warni
Jawa Resep, Bolu kukus mekar merupakan seperti halnya kue bolu biasa namun bentuknya yang berbentuk mekar seperti halnya bunga mawar dalam cetakan yang proses mematangkannya dengan cara mengkukus nya hingga mengembang. Banyak sekali macam dan variasi unik kue bolu kukus, seperti halnya kue bolu kukus pelangi, kue bolu kukus mekar satu warna, kue bolu kukus barkarakter dan lainnya yang rasanya sama -sama enak dan di sukai oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk membuatnya jumlah takaran dan jumlah bahan pun berbeda-beda semua tergantung kesukaan dan variasinya sendiri-sendiri.

Tapi tenang saja karena kita disini akan belajar bersama mengolah dan membuat kue bolu kukus mekar warna-warni edisi jawa resep yang bahan dan takaran nya sudah cocok yang sebelumnya sudah di coba terlebih dahulu, yuk langsung persiapkan bahan-bahannya.


==============================
Bahan Bolu Kukus Mekar Warna-Warni :
==============================
1/4 kg tepung terigu
2 butir telur ayam
1/4 kg gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan emulsifier/sp
1/4 sendok makan vanili
200 ml minuman sprite
cetakan kukus & kertas roti
pewarna makanan secukupnya, warna-warni ( saya gunakan 4 warna )

===========================
Cara Membuat Bolu Kukus Mekar :
===========================
1. Pertama-tama kocok telur dan gula menggunakan mixer hingga mengembang. kocok hingga rata.
2. Masukkan tepung terigu dikit demi sedikit sambil di aduk menggunakan mixer berkecepatan rendah saja.
3. Tambahkan emulfisier, vanili dan garam ke dalam adonan. Kocok kembali menggunakan mixer namun kali ini dengan kecepatan yang tinggi.
4 .Langkah berikutnya tinggal bagilah adonan menjadi empat bagian, setiap bagian di beri warna-warna yang berbeda, merah, putih, biru dan hijau ( pewarna makanan nya sedikit saja jangan terlalu banyak ).
5. Masukkan adonan dan isi ke dalam cetakan secara bergantian, seperti memasukkan warna putih terlebih dahulu, kemudian tambahkan warna merah, warna biru dan tambahkan juga adonan warna hijau.
6. Kukus bolu mekar pelangi selama 15 menit hingga matang.
7. Dinginkan agar tak panas, setelah itu baru anda hidangkan.


Keterangan :
- Ketika anda memberikan pewarna makanan jangan terlalu banyak karena bila kebanyakan bolu sulit untuk mekar merekah dan mengembang ketika di kukus, cukup sedikit saja.
- Sedangkan untuk melihat hasil nya benar atau tidak silahkan cek gambar di atas, bila mekarnya seperti itu dan cupnya tetap seperti semula berarti anda berhasil dalam membuat bolu kukus mekar warna-warni.
- Namun apabila cup bolu kukus nya mengecil atau bisa di bilang seolah-olah tertarik ke dalam itu berarti anda gagal dan kurang perfect membuat kue bolu yang enak ini.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Warna-Warni
4.5/ 5
Oleh