Resep Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Spesial

Resep Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Spesial
Siapa sih yang tak kenal dengan yogya? daerah yogyakarta memang sangat terkenal dengan kuliner yang unik dan tentunya enak. tak hanya resep telur bacem kecap yang enak dan resep cara memasak tempe bacem saja yang terkenal di yogya masih banyak yang lain yang meluas dan terkenal ke penjuru nusantara ini seperti hal nya ayam bacem goreng khas yogya / jogja yang akan kita pelajari dan bahas. Coba saja datang ke yogya hampir resto-resto ternama menyediakan ayam goreng yang di bacem, wuih rasa nya sangat enak, manis di tambah sambal yang berkarakter menambah rasa pedas yang menjadikan menu ini tambah enak biasa nya sambal yang di gunakan adalah sambal khusus dari resep sambal terasi goreng enak dan memberika cita rasa pedas terasi yang membuat lapar.

Perpaduan rasa gurih, manis, pedas dan enak membuat masakan ini menjadi satu-satunya masakan spesial dan populer di yogya, hampir semua orang di daerah skitar yogya telah mencoba dan mencicipnya dan memberikan penilian yang sama akan enak nya masakan ini. Pesatnya perkembangan sekarang banyak sekali dan mudah di jumpai masakan ayam goreng dengan di bacem ketika menyantap tentu akan seperti layaknya suasana yang ada di yogya. kesempatan hari ini mari bersama-sama kita belajar membuat dan mengolah bagaimana mudah nya membuat ayam bacem goreng spesial yang enak dan lezat edisi jawa resep masakan online.


========================
Bahan Ayam Bacem Goreng :
========================
1/2 kg ayam, pilih yang banyak daging nya saja
125 gram gula merah
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
7 sendok makan kecap manis, saya menggunakan kecap bango (sebenarnya bebas merk)
6 butir kemiri
2 lembar daun salam
3 cm laos atau lengkuas
1/2 sendok makan garam
air kelapa secukupnya, sektar 1/2 hingga satu liter saja
minyak goreng secukupnya

===============================
Cara Membuat Ayam Bacem Goreng :
===============================
1. Potong daging ayam nya mejadi beberapa bagian, kemudian bersihkan dan cuci hingga benar-benar bersih. selanjutnya bisa sisihkan dulu.
2. Haluskan bawang putih, bawang merah dan kemiri hingga tercampur rata dan sampai benar-benar halus.
3. Siapkan panci ukuran bebas namun jangan terlalu kecil, masukkan air kelapa, bawang putih dan merah yang telah di haluskan tadi, daun salam dan lengkuas. nyalakan api sedang dan aduk sebentar.
4. Masukkan pula potongan daging ayam, gula jawa, garam dan kecap manis bango ke dalam panci. aduk kembali hingga tercampur dan masak sampai air mendidih.
5. Setelah air mendidih proses selanjutnya tinggal mengecilkan api nya dan masak sampai air menyusut dan nampak kering hampir habis. angkat dan dinginkan terlebih dulu.
6. Setelah tak panas goreng ayam menggunakan minyak banyak dengan api kecil saja. goreng hingga matang dan kering.
7. Hidangkan selagi hangat bersamaan dengan sambal, lalapan jangan lupa tambahkan juga nasi putih hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Spesial
4.5/ 5
Oleh