Resep Cara Membuat Garang Asem Pekalongan Enak

Resep Cara Membuat Garang Asem Pekalongan Enak
Garang asem merupakan salah satu masakan tradisional asli dari jawa tengah indonesia lebih tepatnya daerah sekitar pantura di antaranya seperti semarang, pekalongan dan kudus. di beberapa daerah pembuatan garang asem memang terkadang berbeda ada yang membuatnya menggunakan bahan daging ayam maupun sapi yang proses nya di potong-potong kecil dan di masak dengan menggunakan kuah bewarna pekat dari bumbu rempah-rempah asli indonesia.Cara buat garang asem berbeda jauh dengan cara membuat sayur asem yang lebih simple.

Garang asem pada umumnya dari daerah seperti solo berbeda jauh dengan garang asem yang ada di daerah pantura terutama pekalongan, apa yang membedakan itu? biasanya garang asem menggunakan daging ayam yang di potong kecil dan di masak dengan cara meletakan potongan daging ayam ke dalam bungkusan kulit pisang dan di beri sedikit bumbu dan air lalu di bungkus. nah di pekalongan garang asem nya berbeda lebih enak dan warna kuah pekat akan membuat lapar bagi siapa saja yang melihatnya. garang asem asli dan khas pekalongan cenderung lebih segar dan terkenal pedasnya ketimbang garang asem dari daerah lain, tak percaya yuk coba membuatnya dan dapat di pastikan anda ingin selalu memakan nya dan resep yang satu ini juga bisa di masukka ke dalam daftar menu masak anda baik di buat semingu sekali maupun sebulan sekali.


============================
Bahan Garang Asem Pekalongan :
============================
1/4 kg daging sapi tanpa tulang
1500 ml air
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 buah tomat besar (merah maupun hijau bisa di gunakan), potong 4 bagian
1/2 sendok makan royco rasa sapi
7 buah cabai rawit, sesuaikan selera (potong kecil)
4 buah cabai merah
1 ruas laos, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1 buah keluak / kluwek, haluskan
minyak goreng secukupnya

====================================
Cara Membuat Garang Asem Pekalongan :
====================================
1. Cuci dan bersihkan daging nya agar tak terlalu nampak darah dari serat seratnya. potong kecil-kecil sesuai selera dan kemudian siapkan panci dan masukkan air ke dalam nya.
2. Nyalakan api serta rebus potongan daging nya ke dalam panci selanjutnya kecilkan api (masak rebus gunakan api kecil saja).
3. Di lain sisi haluskan bawang putih, merah dan cabe merah kemudian tumis menggunakan sedikit minyak goreng dan tambahkan daun salam, laos dan serai. tumis hingga wangi dan serai nampak layu.
4. Tambahkan keluak yang ke dalam tumisan. masak sebentar hingga tercampur dan matang.
5. Ambil semua bahan tumisan dan masukkan ke dalam rebusan panci. aduk sebentar dan masak menggunakan api kecil hingga mendidih masukkan potonga cabai hijau dan tomat ke dalam rebusan.
6. Aduk sebentar dan diamkan selama 3 menit. Garang asem atau garang asam pun siap di hidangkan bersamaan dengan nasi putih hangat.

Demikian Resep Cara Membuat Garang Asem Pekalongan Enak yang dapat kalian coba, warna pekat nya hampir mirip dengan cara membuat soto daging sapi namun rasa daging nya dan rasanya lebih enak garang asem.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Garang Asem Pekalongan Enak
4.5/ 5
Oleh