Resep Cara Membuat Kerang Saus Khas Padang

Resep Cara Membuat Kerang Saus Khas Padang
Kerang merupakan hewan laut yang lunak dan sangat bermanfaat bila di konsumsi secara rutin, kandungan kerang yang akan kaya vitamin, banyak mengandung nutrisi dan rendah kolestrol dapat di konsumsi semua orang, menurut beberapa para ahli kesehatan juga berpendapat bahwa mengkonsumsi kerang dapat mencegah terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung. sebaliknya beberapa orang juga berpendapat bahwa mengkonsumsi kerang tidak baik karena kerang yang hidupnya cenderung lebih banyak bakterinya jadi sangat tidak baik di konsumsi.

Menurut beberapa orang kerang sangat berbahaya bila di konsumsi karena adanya bakteri samonella dan sejenis virus hepatitis A, namun hal tersebut bisa terbantahkan karena sebenarnya jika anda memasaknya dengan benar dan matang tent ketika membeli lebih memilih di supermarket ataupun minimarket akan lebih aman. kebanyakan oang tidak tahu cara memasak kerang yang benar dan enak, sebenarnya jika kalian tahu rasa kerang sangat enak jika di masak dengan benar apalagi di padukan dengan bumbu-bumbu khas daerah tertentu rasanya akan lebih berkarakter dan berciri khas.

Selain padang terkenal dengan aneka resep masakan padang nya dan resep telur badalo yang sanga pedas masih banyak lain nya yang dapat di padukan seperti kesempatan hari ini jawa resep akan berbagi resep membuat kerang saus khas padang yang rasanya begitu enak dan lezat. kerang yang di gunakan adalah kerang hijau, saus padang akan dapat mengurangi rasa amis terhadap kerang jadi sangat baik bila di konsumsi dengan nasi putih hangat.


============================
Bahan Kerang Saus Khas Padang :
============================
1000 gram kerang hijau
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sendok makan saus cabai/pedas
4 sendok makan saus tiram
4 sendok makan saus tomat
1/2 sendok makan royco rasa ayam
2 sendok makan minyak goreng
2 cm jahe1/2 sendok makan merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
air secukupnya

==================================
Cara Membuat Kerang Saus Khas Padang :
==================================
1. Cuci bersih kerang nya hingga bersih, kemudian didihkan air (volume air satu jari lebih banyak ketimbang kerang nya nanti).
2. Didihkan air dan masukkan kerang ke dalam nya. tambahkan jahe nya juga. rebus dan masak selama 10 menit hingga cangkang kerang nampak terbuka bisa anda angkat.
3. Berikutnya tiriskan dahulu, lepas dan pisahkan antara cangkang kerang dan daging nya. letakan daging kerang nya pada wadah.sisihkan dulu bentar.
4. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, gula dan royco rasa ayam. haluskan sampai rata dan tercampur.
5. Panaskan minyak sedikit menggunakan api besar, tumis bumbu halus hingga wangi kemudian masukkansaus tiram, saus pedas, saus tomat nya sekalian.
6. Tambahkan kerang ke dalam tumisan, beri sedikit air (jangan terllau banyak air/encer ya, sedikit saja). aduk-aduk sampai merata dan masak selama 3 - 5 menit saja. selanjutnya bisa anda angkat dan letakan ke piring saji.
7. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kerang Saus Khas Padang
4.5/ 5
Oleh