Resep Cara Membuat Lemper Ayam Enak

Lemper merupakan salah satu jenis penganan tradisional indonesia yang terbuat dari ketan yang di dalam nya berisi potongan atau cincangan daging ayam maupun abon ayam ataupun sapi yang terbungkus dari daun pisang. semua orang indonesia pastinya suka dengan lemper karena jajanan yang satu ini sudah menyebar luas ke seluruh nusantara dan sangat mudah di temukan dan di beli di pasar-pasar tradisional maupun toko kue. saya sendiri pun suka rasa lembut dari lemper ketika di gigit pastinya perpaduan antara tumisan daging cincang dan ketan berasnya sangat cocok dan serasi.

Masakan lemper sudah ada sejak dahulu, orang-orang belanda juga menyukai kue lemper ini. cara membuat lemper ayam cenderung lebih mudah dan praktis ketimbang kue maupun jajanan, persentase kesulitan nya sungguh kecil seperti cara buat kue lumpur juga sangat mudah di buat. rasa nya yang sama lembut dan lezat membuat kedua kue tersebut di sukai lidah orang indonesia, di beberapa daerah jawa terutama jawa tengah dan jawa timur cenderung lebih suka kue lemper ketimbang kue lumpur. walaupun demikian tetap saja lemper maupun kue lumpur adalah penganan yang sangat enak dan empuk ketika di makan.


==================
Bahan Lemper Ayam :
==================
1/4 kg beras ketan
100 gram daging ayam, rebus sebentar dan potong kecil (suwir-suwir)
125 ml santan
1 lembar daun pandan
1 lembar daun salam
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 butir kemiri
1/4 sendok makan ketumbar bubuk
1 batang serai
1 batang lengkuas
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica halus
daun pisang secukupnya
air secukupnya


==========================
Cara Membuat Lemper Ayam :
==========================
1. Bersihkan dan cuci beras ketan setelah itu rendam dalam air dingin selama 5 menit. dan kukus selama 10 menit saja. selanjutnya angkat dan sisihkan.
2. Campur dan didihkan santan, garam dan daun pandan, kecikan atau matikan api nya dan masukkan beras ketan ke dalam campuran santan. aduk-aduk hingga santan menyusut dan teresap habis oleh ketan nya.
3. Kukus kembali ketan selama 15 menit sampai matang. Setelah itu haluskan bawang putih, merah, ketumbar beserta kemirinya juga.
4. Tumis bumbu halus hingga beraroma harum, masukkan serai, laos dan daun salam, aduk merata tambahkan suwiran ayam yang telah di rebus ke dalam tumisan.
5. Masukkan bumbu garam, merica, gula tambahkan 3 sendok air matang aduk merata hingga semua bumbu tercampur dan meresap.
6. Ambil ketan secukupnya kurang lebih 30 sampai 50 gram, pipihkan dahulu dan letakan adonan tumisan ayam tadi. bentuk adonan ketang lonjong hingga isian ayam tak nampak terlihat.
7. Bungkus dengan daun pisang. lakukan ke semua ketan dan isian ayam habis.
8. Sajikan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 19.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Lemper Ayam Enak
4.5/ 5
Oleh