Resep Cara Membuat Siomay Enak

Resep Cara Membuat Siomay Enak
Siomay identik dengan khas kota bandung, namun sebenarnya anda tahu gak asal mula somay itu darimana? menurut sejarah somay di bawa oleh para pedagang china yang datang ke indonesia, dan pertama kali masuk indonesia somay terpopuler adalah dari bandung. di negeri tiongkok sendiri siomay merupakan makanan yang di peruntukan untuk para kaisar dan kerajaan mongolia pada masa itu. bisa di bilang siomay sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, pembuatan siomay juga masih menggunakan olahan daging yang berasal daging babi.

Setelah masuk ke indonesia pada jaman penjajahan belanda dan masyrakat indonesia cenderung lebih banyak yang muslim jadi isian siomay dan bahan dasar nyapun sudah tak menggunakan daging babi. yang menginspirasi hal tersebut adalah warga bandung agar siomay meggunakan bahan dasar lain nya seperti daging ayam, udang, ikan teri dan lain nya. siomay bandung yang terkenal hinggi dini hari bahan dasarnya ikan teri dan ada pula yang olahan ayam. sekarang memang mudah menemukan penjual dan pedang siomay yang dapat anda temukan namun perlu anda ketahui sekarang ini banyak sekali pedagang siomay nakal yang menggunakan bahan kimia berbahaya untuk pembuatan siomay. kalau bisa membuat sendiri yang lebih sehat dan tak berbahaya kenapa harus membeli?


=============
Bahan Siomay :
=============
3 buah dada ayam
1/4 kg tepung sagu
100 ml santan
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 sendok makan udang
1 butir telur ayam
1 buah labu siam
1/4 sendok makan merica
1/4 sendok makan garam
kaldu bubuk secukupnya
==================
Bahan Saos Kacang :
==================
100 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
3 buah cabai rawit hijau
3 buah cabai merah kering
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan gula merah
air secukupnya
===============
Bahan Pelengkap :
===============
kecap manis bango secukupnya
telur rebus secukupnya
kentang rebus secukupnya

=====================
Cara Membuat Siomay :
=====================
1. Siapkan semua bahan menjadi satu. ambil dan jadikan satu udang, ayam, telur, labu siam, santang, bawang putih dan bawang merah menjadi satu ke dalam blender.
2. Blender bahan di atas hingga halus dan tercampur rata. tuangkan hasil blender ke dalam wadah.
3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke dalam wadah sambil di aduk. tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica. aduk sampai rata (jika adonan masih encer anda dapat menambahkan tepung sagunya).
4. Pastikan adonan tak terlalu padang dan tak terlalu encer, kemudian bentuk bulatan-bulat menggunakan dua sendok makan dan langsung masukkan ke dalam kukusan yang telah di olesi minyak maupun margarin pada pinggiran nya agar siomay tak lengket dan menempel pada kukusannya.
5. Kukus hingga matang, menungu kukusan anda bisa membuat saos kacang nya terlebih dulu.
6. Ambil semua bahan saus dan blender halus semua bahan tersebut. setelah itu rebus hingga mendidih.
7. Setelah siomay matang anda bisa ambil piring saji dan ambil siomay dan sajikan bersamaan bahan pelengkap dan beri saus kacang dan kecap manis di atasnya sesuai selera.
8. Hidangkan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Siomay Enak
4.5/ 5
Oleh