Resep Cara Membuat Tumis Ikan Tongkol Enak

Resep Cara Membuat Tumis Ikan Tongkol Enak
Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang di jadikan menu terpopuler di indonesia, jumlahnya yang banyak danr asanya yang enak menjadikan semua kalangan baik dari anak-anak maupun orang dewasa menyukai ikan tongkol sebagai menu masakan. Banyak orang mempercayai bahwa ikan tongkol sangat akan kaya vitamin dan protein serta lemak, salah satunya dapat mempertajam mata dan mengurangi resiko darah tinggi, meningkatkan kecerdasan otak dan sangat aik untuk pertumbuhan si buah hati bila di konsumsi secara rutin satu minggu sekali..

Walaupun banyak sekali manfaatnya mengolah ikan tongkol agar menjadi enak tak sesusah yang anda pikirkan, memang banyak sekali olahan ikan atau seafood yang dapat anda buat dari membuat ikan bakar, membuat ikan goreng, namun cara yang satu ini sangat berbeda dari yang sebelum nya yaitu dengan cara menumis ikan tongkol dengan aneka macam bumbu tradisional nusantara yang ciri khas dengan bawang merah da bawang putih. resep tumisan tongkol enak secara umum dapat mudah anda temukan di semua daerah sunda, karena sunda yang akan kaya kuliner tentu masakan-masakan nya tak perlu di ragukan lagi rasanya pasti enak dan lezat, terterik untuk membuat tumis ikan tongkol nya?


======================
Bahan Tumis Ikan Tongkol :
======================
1/4 kg ikan tongkol segar
3 buah cabai merah besar
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 helai daun bawang (bukan satu potong ya), iris tipis
1 buah tomat ukuran besar, potong menjadi empat bagian
2 lembar daun salam
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok makan gula merah, sisir
air secukupnya
minyak goreng secukupnya

==============================
Cara Membuat Tumis Ikan Tongkol :
==============================
1. Cuci ikan nya dulu, kemudian potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai selera ataupun bisa di belah menjadi dua bagian ataupun sesuai selera. selanjutnya sisihkan dulu ya.
2. Iris tipis bawang putih dan bawang merah serta cabai merah nuya dulu, kemudian panaskan minyak goreng menggunakan api besar.
3. Tumis irisan bawang putih, bawang merah, daun salam dan cabai merah hingga beramoma harum ke dalam minyak panas.
4. Masukkan potongan ikan tongkol ke dalam tumisan. aduk sebentar saja kemudian lanngsung tuangkan air ke dalam nya (jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak, ukuran air sedang saja).
5. Tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang dan aduk lagi sebentar. beri bumbu seperti gula merah dan garam, koreksi rasanya, bila kurang asin bisa tambahkan garam nya.
6. Aduk dulu sebentar hingga bumbu tercampur rata. masak selama 5 menit hingga air nampak sedikit menyusut/surut dan meresap menggunakan api sedang.
7. Hidangkan dengan nasi putih hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Tumis Ikan Tongkol Enak
4.5/ 5
Oleh