Resep Cara Membuat Ayam Kremes Enak

Resep Cara Membuat Ayam Kremes Enak
Ayam kremes identik dengan jogja, awal mula ayam ini berasal dari sebuah warung kecil ayam bernama mbok berek dengan menu yang berbeda dan menarik tentu saja rasa menu spesial nya adalah ayam kremes yang rasanya lembut, lezat dan renyah. Warung makan mbok berek yang menyediakan ayam kremes ini sudah menyebar luas keseluruh nusantara terutama daerah jawa dan pantura, hampir setiap jalan pantura beberapa kilometer pasti ada cabang resto yang menyediakan ayam goreng kremes khas mbok berek yang enak.

Tak hanya cabang resto nya saja sekarang ayam goreng kremes juga banyak disediakan di warung-warung makan yang menyediakan aneka macam lauk pauk yang berlabel bukan dari mbok berek walaupun bukan dari mbok berek rasanya sama-sama enak dan lezat tetapi memang ada sedikit perbedaan rasa yang khas dan sedikit lebih enak ayam kremes asli mbok berek dengan warung biasa. tenang saja resep yang akan kita pelajari dan buat ini dari resep ayam kremes asli mbok berek yang sudah terkenal rasanya sangat enak.

Oalahan resep ini menggunakan tepung beras yang membuat rasa tambah gurih, renyah dan crispy seperti halnya ayam goreng taiwan dan resep ayam kfc. untuk membuat ayam goreng kremes sendiri tak susah, karena hanya seperti halnya menggunakan ayam kampung maupun ayam boiler biasa yang di lumuri bumbu halus dan di rebus hingga empuk dan baru mematangkan nya dengan cara di goreng dan di sajikan dengan kremesnya dan resep sambal bawang. membuat ayam ini tak membutuhkan waktu lama bisa di bilang sangat lah cepat dan praktis hanya sekitar 15 hingga 30 menit ayam ini siap untuk di santap.

==================
Bahan Ayam Kremes :
==================
1 kg daging ayam, potong dan cuci bersih
1 sendok makan ketumbar
1 ruas laos
1 sendok makan garam
2 ruas kunyit
3 lbr daun salam
5 siung bawang putih
air matang secukupnya
==============
Bahan Kremes :
==============
200 ml air
1 1/2 sendok tepung beras
3 sendok makan tepung sagu

============================
Cara Membuat Ayam Kremes :
============================
1. Pertama bisa anda siapkan cobek maupun blender, haluskan bawang putih, garam laos, ketumbar, kunyit hingga halus dan tercampur rata.
2. Ambil panci semacamnya berisi air secukupnya saja, masukkan bumbu halus kedalam air tersebut. tambahkan pula daun salam.
3. Masukkan ayam ke dalam panci yang berisi air dan bumbu halus, campurkan sebentar kemudian rebus hingga lunak sekitar 7-10 menit.
4. Goreng ayam sebentar hingga kecoklatan saja, selanjutnya bisa kecilkan api.
5. Selanjutnya membuat bahan kremesnya dulu cukup dengan campurkan air, tepung beras dan tepung sagu menjadi satu. aduk sampai benar-benar campur rata.
6. Tuangkan adonan kremes ke dalam wajan di atas ayam. goreng lagi hingga ayam bewarna kecoklatan matang. selanjutnya bisa di angkat lalu ditiriskan.
7. Sajikan ayam dengan lalapan seperti mentimun dan sambal bawang pedas agar tambah nikmat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ayam Kremes Enak
4.5/ 5
Oleh